PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Macet merupakan hal yang biasa terjadi di jalan. Namun, terjebak dalam kemacetan sering kali membuat pengemudi menjadi lebih emosi, sehingga tak jarang kita melihat pengemudi yang marah-marah, membunyikan klakson, bahkan menyalip tanpa mempedulikan pengemudi lain.

Oleh karena itu, penting untuk tetap sabar dan waspada untuk menghindari saling bersenggolan dengan kendaraan lain.

Nah, agar tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman saat macet, berikut 5 tips yang berhasil dihimpun oleh PedomanBengkulu.com dari Noval Yunaidi selaku Instructor Safety Riding Astra Motor Bengkulu (HSO).

1. Selalu perhatikan kaca spion.

“Namun, Anda juga tidak boleh terlalu fokus di kaca spion. Bagi perhatianmu dengan mengawasi blind spot atau jalanan di depanmu juga agar tidak terjadi kecelakaan kalau tiba-tiba kendaraan seperti mobil di depan mengerem mendadak atau ada motor lain yang tiba-tiba muncul,” ujar Noval Yunaidi, Jum’at (16/8).

2. Sigapkan tangan dan kaki di tuas rem.

3. Perhatikan pula masalah persneling saat berkendara.

“Dalam kondisi macet, sebaiknya berkendaralah dengan gigi rendah agar motor kamu siap untuk berakselerasi,” imbuhnya.

4. Jangan melamun.

5. Selalu siagakan ibu jarimu untuk menekan sein, agar siap ketika bermanuver.

“Lima tips ini dapat diaplikasikan ketika Anda berkendara dalam kemacetan. Tetap utamakan keselamatan dengan berhati-hati dan jangan sampai merugikan pengendara lain, apalagi memaksakan diri untuk cepat sampai ke tujuan dengan melanggar berbagai aturan yang ada,” pungkasnya.[Nurhas]