PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Ratusan anggota TNI Kodim 0407 Bengkulu yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 melaksanakan kegiatan menanam 500 pohon di Pantai Lentera Merah Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Sabtu (3/8/2019).

Komandan Kodim 0407 Bengkulu, Letkol Arm Yose Rizal melalui Kapten Inf Sumardi mengatakan, penanaman pohon ini dilaksanakan bersama siswa-siswi dari SMK 5 Taruna Padang Serai dan SLTP 19 Padang Serai dengan tujuan untuk encegah terjadinya abrasi dan pengikisan pantai. Penanaman 500 pohon yang terdiri pohon Mangrove dan Vinus dipesisir pantai merupakan salah satu fungsi utama hutan bakau sebagai penahan ketika terjadi bencana seperti, gelombang besar dan Tsunami.

“Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat agar perduli dengan lingkungan bahwa pentingnya menanam pohon dipinggir pantai,” ujar Sumardi.

Diungkapkan Sumardi, bumi ini merupakan titipan yang diwariskan kepada anak cucu serta untuk keselamatan bagi generasi muda selanjutnya. Karena itu, sangat penting bersama-sama menjaga lingkungan. Sumardi mengingatkan mangrove yang sudah ditanam tersebut jangan sampai dirusak.

“Penanamannya ini secara bertahap. Dan kegiatan ini disambut baik dari berbagai lapisan masyarakat, karena kesadaran untuk menjaga alam dan lingkungan,” tutup Sumardi. [ Anto ]