Tampak salah satu kandidat, Yusal Vedo saat mendaftar di DPC PDIP Lebong

PedomanBengkulu.com, Lebong – DPC PDI-P Kabupaten Lebong secara resmi Pukul 24.00 WIB Senin (23/9/19) menutup pendaftaran penjaringan kandidat yang akan maju Pilkada Lebong 2020 menggunakan perahu PDI-P.

Secara total, ada 10 nama yang menyerahkan berkas formulir untuk melamar PDIP. Kesepuluh nama tersebut meliputi, Teguh Raharjo Eko Purwoto, Kopli Ansori, Dalhadi Umar dan Edi Subroto. Selanjutnya ada nama Yusal Vedo, Wawan Fernandez, Mirwan Efendi, Wilyan Bachtiar, Armansyah Mursalin dan Angka Wijaya.

Penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Lebong dari PDI-P ini dibuka sejak tanggal 9 September lalu, telah berakhir pada Senin (23/9).

Sekretraris Panitia Penjaringan Cabup dan Cawabup Lebong DPC PDI Perjuangan Lebong, Ewi Anita mengatakan, jika sebelumnya ada 3 nama yakni Teguh Raharjo Eko Purwoto, Kopli Ansori dan Dalhadi Umar. Pada hari terakhir penjaringan ada 7 nama yang mendaftar meliputi Yusal Vedo, Wawan Fernandez, Mirwan Efendi, Wilyan Bachtiar, Armansyah Mursalin dan Angka Wijaya.

“Kami sudah selesai melakukan penjaringan dan hingga pukul 19.56 WIB, ada sepuluh orang yang sudah terdaftar,” kata Ewi kepada PedomanBengkulu.com Senin malam (23/9/19).

Sebenarnya masih ada satu nama lagi, lanjut Ewi, yakni Sopian Razik sudah mengambil formulir tapi belum mengembalikan formulir.

“Hingga pukul 20.00 WIB belum ada konfirmasi terkait rencana pengembalian formulir. Kita masih tunggu hingga Pukul 24.00 WIB,” jelasnya.

Dijelaskan Ewi, terkait rekomendasi partai akan diberikan kepada siapa, itu tergantung keputusan DPP PDI-P.  Hal itu sebagaimana instruksi partai sesuai dengan PP partai nomor 27 tahun 2017 tentang Penjaringan.

“Tugas kami di DPC hanya sebatas penjaringan saja. Nanti, hasilnya ini akan kita rekomkan ke tingkat DPD, dan selanjutnya DPD akan meneruskan ke jenjang DPP. Begitu juga, karena kita hanya miliki 2 kursi, soal koalisi itu kita kembalikan ke kandidatnya,” tukasnya.[Supriyadi]