Pengalungan Tanda Peserta oleh Ka. Kwarda Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 01.001 Rajolelo 01.002 Fatmawati Pangkalan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu ke-24. Sebanyak 1400 peserta Se-Sumbagsel mengikuti perkemahan Islamic Scout Creativity (ISC) di bumi perkemahan IAIN Bengkulu, Kamis (5/9) hingga Minggu (8/9) mendatang.

Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Sirajuddin MH, melalui Wakil Rektor I, Dr. Zulkarnain Dali, M.Pd, mengatakan bahwa seluruh peserta berasal dari daerah yang berbeda di Sumatera bagian selatan.

“Peserta berasal dari daerah yang berbeda-beda, mulai dari Palembang, Pagar Alam, Lubuk Linggau, Jambi, Padang, Lampung dan sembilan kabupaten/kota se-provinsi Bengkulu,” ujar Zulkarnain Dali, Kamis (5/9).

Ka. Kwarda Bengkulu bersama Wakil Rektor I IAIN Bengkulu saat meninjau lokasi perkemahan

Mengusung tema ‘Semangat Berkarya Tunas Muda’, ISC tahun 2019 ini menyelenggarakan 17 rangkaian perlombaan. Mulai dari tingkat penegak, penggalang dan siaga serta berbagai macam pelatihan dan seminar.

“Harapannya, semoga para tunas muda ini dapat menambah pengalaman. Sehingga terbentuklah jiwa leadership terhadap generasi muda melalui gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Lebih lanjut Warek I IAIN Bengkulu ini dipenghujung sambutannya memohon doa dan dukungan dari semua lini masyarakat agar proses peralihan status IAIN Bengkulu menuju UIN segera terealisasi.

“IAIN Bengkulu saat ini sedang berjuang dalam peralihan status menuju UIN, oleh karenanya melalui kesempatan ini saya memohon doa dan dukungan dari semua lini masyarakat agar prosesnya dipermudahkan dan lancar sehingga dapat terealisasi segera,” ujar Warek I IAIN Bengkulu.

Suasana upacara Pembukaan ISC

Sementara itu Ka. Kwarda Bengkulu, H. Meri Sasdi M,Pd, dalam penuturannya kepada awak media saat meninjau lokasi perkemahan menyebutkan bahwa kegiatan ISC ini selaras dengan visi misi presiden Republik Indonesia, yaitu revolusi mental.

“Provinsi Bengkulu saat ini sedang berjuang menata seluruh aspek, termasuk pembentukan karakter yang secara nasional menjadi visi dan misi presiden Republik Indonesia, yaitu revolusi mental,” ucap Ka Kwarda Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd.

Tamu undangan dari beberapa Instansi pemerintah di Provinsi Bengkulu tampak hadir di acara pembukaan ISC

Lebih lanjut dirinya berpesan agar seluruh peserta dapat terus bersemangat, menjaga kesehatan, serta tetap menjunjung sportifitas sehingga dengan adanya kegiatan ISC ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan dalam mempersiapkan generasi kader pemimpin bangsa kedepan.

“Tetap jaga semangat jaga kesehatan serta junjung sportifitas sehigga kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan dalam mempersiapkan generasi kader pemimpin bangsa kedepan, karena saat ini kita harus waspada atas prilaku dan sikap generasi muda yang menyimpang dari tuntunan dan ajaran agama Islam, hal inilah yang mendasari pengembangan ajaran islam yang rahmatan lil alamin,” pungkasnya. [NBI/Yayak/ADV]

Atraksi Doll dari Mahasiswa IAIN Bengkulu
Pengibaran bendera