Ka. Dinkes Lebong, Rachman

PedomanBengkulu.com, Lebong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong mengajak warga untuk mewaspadai bahaya penyakit Tuberkolosis (TBC). Karena TBC merupakan salah satu penyakit menular dan termasuk satu dari sepuluh penyebab kematian di dunia. Untuk itu, masyarakat harus ikut menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sebagai upaya pencegahan.

“TB termasuk penyakit menular yang bisa menyebar kepada siapa saja, tanpa terkecuali. Penyakit menular ini juga menjadi salah satu dari sepuluh penyakit penyebab kematian,” kata Kepala Dinkes Lebong Rachman SKM, Jumat (13/9/19) siang.

Menurut Rachman, di dunia kesehatan, infeksi penyakit TB masih menjadi masalah global atau nasional. Pengobatan TB atau yang sering disebut flek paru ini tidak mudah dan murah, karena proses penyembuhannya juga bersifat jangka panjang.

“Untuk itu, mari mulai terapkan pola hidup sehat untuk menghindari penyakit TBC dan kalaupun sudah terjangkit untuk segera menghubungi Puskesmas terdekat untuk pengobatan rutin,” bebernya.

Dia menjelaskan, jika, penderita yang tidak ditangani secara tuntas, bisa mengakibatkan kebal terhadap TB dan menyebarkannya penularan kepada orang lain melalui udara.

“Memang harus ada kesadaran masyarakat sendiri, untuk agar terhindar dari penyakit ini. Yang terpenting, kesadaran untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta berkontribusi aktif dalam menyosialisasikannya,” tutup Rachman. [Supriyadi]