PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Gubernur Bengkulu melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Nopian Andusti secara resmi menutup Festival Tabut 2019, Senin malam (9/9/2019).

Nopian mengucapkan banyak terimakasih yang telah ikut bersama-sama mensuksekan festival tabut, yang bekerjasama dengan keluarga tabut dan berbagai pihak lainnya dan festival tabut merupakan egenda event yang secara konsisten setiap tahunnya, serta dipersiapkan dan dilaksanakan dengan baik.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak-pihak yang telah membantu untuk mensukseskan festival tabut 2019 ini. Festival ini dipergunakan untuk memperkenalkan budaya Bengkulu kepada masyarakat luas yang harapannya dapat berdampak pada citra daerah dan perekonomian masyarakat,” kata Nopian.

Menurutnya, hal ini dapat dilihat dari banyak media nasional yang mengangkat berita pelaksanaan festival tabut 2019 ini. Selain itu, hastaq festival tabut juga menjadi tranding topik di instagram dan twitter. Sehingga pelaksaan festival tabut dapat mengangkat industri kecil untuk mempromosikan produk dan khas lokal kerajinan Bengkulu.

“Pengembangan kepariwisataan tidak bisa terlepas dengan pembangunan industri kreatif dan peningkatan industri kreatif akan meningkatkan destinasi wisata Bengkulu,” ucapnya.

“Salah satu yang diminati oleh masyarakat adalah wisata kuliner yang memiliki cita rasa makanan khas Bengkulu dan akan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunggah wisatawan datang ke Bengkulu,” tambahnya.

Untuk itu, kata Nopian, upaya membangun citra daerah ini membutuhkan waktu yang sangat panjang, berkelanjutan dan peningkatan baik mutu, tuan dan kualitas event. Sehingga dengan pelaksanaan suatu event ini, diharapkan dapat mengembangkan dan pemanfaatan potensi alam dan budaya serta industri kreatif dapat terus dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan.

“Kita berharap festival tabut yang sudah masuk top 100 calendar of event nasional dapat terus kita tingkatkan serta dapat diikuti oleh event-event lainnya. Sehingga Bengkulu akan memiliki top lima event yang masuk dalam alendar of event nasional dan menjadi daya tarik wisata Bengkulu menuju visit wonderfull 2020 sebagai momentum kebangkitan pariwisata Bengkulu dan meningkatkan daya saing daerah,” tutup Nopian.

Diketahui, penutupan festival tabut 2019 ini juga dimeriahkan oleh 6 negara diantaranya Indonesia, India, Jepang, Jerman, Tanzania dan Malaysia. [Medi Muamar]