Anggota DPRD Lebong dari Partai Gerindra, Rama Chandra 

PedomanBengkulu.com, Lebong – Jika tidak ada perubahan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong akan dihuni sejumlah fraksi Gemuk yang menjadi 6 Fraksi. Jika sebelumnya tinggal 4 partai politik (Parpol) yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Hanura belum masuk usulan Fraksi.

Berdasarkan data yang dihimpun PedomanBengkulu.com, keempat parpol tersebut sudah mengusulkan bakal bergabung membentuk fraksi di DPRD Lebong. Paling tidak ada bakal ada tiga Fraksi gemuk dengan komposisi 5 kursi, meliputi Fraksi NasDem yang terdiri dari 4 kursi ditambah bergabungnya PBB 1 kursi. Kemudian Fraksi Demokrat sebelumnya ada 3 kursi menjadi 5 kursi, dikarenakan 2 kursi partai Golkar juga ikut bergabung ke Demokrat. Selanjutnya ada satu Fraksi gabungan antar parpol dengan komposisi PDI Perjuangan 2 kursi, Gerindra 2 kursi dan Hanura 1 kursi. Sedangkan PAN tetap Fraksi penuh dengan 4 kursi, Fraksi PKB 3 kursi dan terakhir Fraksi Perindo dengan 3 kursi.

Ketika dikonfirmasi Sekretaris DPRD Lebong, Supriono SH, dirinya belum bisa menyampaikan secara terbuka, karena posisinya saat ini apa yang disampaikan pengurus parpol baru sebatas usulan.

“Untuk usulan pembentukan Fraksi-Fraksi di DPRD Lebong, memang sudah kami terima. Jika melihat dari seluruh usulan, maka bisa dipastikan hanya akan ada 6 Fraksi,” sedikit bocoran yang disampaikan Supriono, kepada PedomanBengkulu.com Rabu siang (11/9/19)

Kendati demikian, lanjut Supriono, pihaknya belum bisa menyebutkan secara detil pada susunan dan nama Fraksi dari usulan parpol.

“Kita tunggu jadwal paripurna terlebih dahulu, karena untuk saat ini kita tunggu jadwal paripurna internal, paling lambat Kamis (12/9/19) batas usulan fraksi,” singkatnya.

Sementara itu, anggota DPRD Lebong dari Partai Gerindra, Rama Chandra SH membenarkan bahwa pihaknya bakal bergabung dengan PDI Perjuangan dan Partai Hanura menjadi satu Fraksi Gabungan.

“Kita hanya mengikuti arahan partai, dan berdasarkan surat rekomendasi DPC Gerindra Lebong kami bergabung dalam satu Fraksi bersama PDI Perjuangan dan Hanura,” singkat Rama. [Supriyadi]