PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebanyak enam grup rebana unjuk kebolehan di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXXIV tingkat Kota Bengkulu tahun 2019, Minggu (1/9).

Menurut Kepala Kemenag Kota Bengkulu, Drs H Tasri MA, melalui Kasi Bimas Islam, H Rolly Gunawan, diadakannya lomba ini sebagai upaya mendorong dan mengembangkan potensi, serta menyalurkan minat dan bakat seni budaya Islam melalui qasidah rebana.

“Ini juga merupakan salah satu upaya untuk menggemuruhkan siar agama dalam rangka memeriahkan perhelatan MTQ dan menyambut tahun baru Islam 1441 hijriah,” tutur Rolly Gunawan.

Lebih lanjut menurut Rolly Gunawan, diadakannya cabang lomba qasidah rebana ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Muhammadiyah Amin, agar setiap provinsi daerah melestarikan seni budaya Islam sebagai kearifan lokal.

“Tujuannya untuk melestarikan seni budaya Islam agar tidak hilang dan punah,” tutupnya.

Untuk diketahui, selain lomba rebana, di MTQ tingkat Kota Bengkulu tahun 2019 ini juga dilaksanakan sembilan cabang perlombaan lainnya. Pesertanya pun terbagi mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.[Nurhas]