PedomanBengkulu.com, Bengkulu —Puluhan mahasiswa Provinsi Bengkulu yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelar unjuk rasa dalam rangka memperingati hari tani nasional di depan Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu di Jalan Pembangunan Kelurahan Padang Harapan Kota Bengkulu, Senin (30/9/2019), sekira pukul 09.30 WIB.

Penanggung Jawab Aksi Rigen Sudrajad, mengatakan pihaknya meminta Pemerintah RI agar dapat segera menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia, meminta Pemerintah RI untuk dapat menghentikan segala upaya dan proses kriminalisasi terhadap petani, meminta Pemerintah RI dapat menghentikan laju alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian, meminta Pemerintah RI dapat menunda dan membatalkan Pembahasan dan pengesahan RUU pertanahan, RUU sistem Budidaya Pertanian berkelanjutan dan RUU yang berpotensi menindas rakyat.

“Kami juga meminta Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu untuk dapat menerbitkan Praturan Gubernur (Pergub) tentang perlindungan dan pemberdayaan Petani Berkelanjutan guna mewujudkan Reforma Agraria Sejati,” tegas Rigen Sudrajad. [Anto]