PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Kisah pilu yang dihadapi Mbah Tun seorang janda sebatang kara warga RT 26 Dusun 04 Desa Bukit Makmur Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara.

Mbah Tun adalah warga yang menderita penyakit polip kronis, bahkan sampai mengalami pembusukan. Karena hanya sebatang kara, warga dan aparat desa setempat berinisiatif menggalang dana bantuan. Selain untuk membantu biaya operasional berobat, bantuan warga juga akan dapat membantu mencukupi kebutuhan hidup Mbah Tun sehari-hari.

Ketua RT setempat Sutam Efendi yang melihat kondisi korban kemudian berinisiatif menggalang bantuan dana. Tak hanya itu, warga pun menghubungi perangkat desa agar memfasilitasi kesembuhan Mbah Tun.

“Bulan lalu kita sudah berkoordinasi dengan desa, kita sampaikan keadaan mbah Tun yang kian hari kian memprihatinkan,” ucap Sutam Efendi, Minggu (29/9/2019).

Hartono selaku kepala desa mengatakan Pemerintah desa Bukit Makmur membenarkan perihal warganya yang menderita penyakit kronis.

“Kita sudah menerima laporan dari RT setempat, kita utus Kaur Kesos untuk mediasi dengan warga setempat,” ucap Hartono.

Hartono menambahkan, pemerintah desa telah mengurus ke semuanya, Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai jaminan kesehatan juga sudah selesai diurus.

“KIS nya sudah jadi, tinggal warga dijadwalkan untuk gantian mengurus di rumah sakit, pihak kecamatan maupun desa juga telah menyetujui inisiatif warga untuk menggalang dana, selain untuk kebutuhan operasional dana yang terkumpul juga akan dipergunakan pasca operasi,” imbuhnya.

Bagi yang hendak membantu Mbah Tun dapat menyalurkan bantuannya ke nomor rekening BRI 5617-01-012703-53-9 atas nama Ari Nurtatik dan agar dapat konfirmasi ke no +6285768508081. [Tri Sugeng]