Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara – Dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam ke 1441 H Guru, Staf dan seluruh siswa siswi MTs Negeri 2 Bengkulu Utara melakukan pawai dan makan bersama, Senin (2/9/2019).

Pawai dilakukan pukul 08.30 WIB, dan rute yang dilewati yaitu keliling pasar D1.

kepala sekolah MTs 2 Bengkulu Utara, Daswan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang tahun baru Islam (1 Muharam) supaya masyarakat tahu dan tidak hanya merayakan tahun baru Masehi saja.

“Saya membuat acara pawai ini untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang tahun baru Islam dan supaya masyarakat merayakannya juga,” ucap Daswan diruang kerjanya.

Pawai ini juga bertujuan untuk mengajarkan arti kesusahan rasullah dalam berhijrah dari Makkah ke Madinah.

“Pawai ini mengingatkan kepada seluruh siswa bagaimana susahnya Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah,” ucapnya.

Hal menarik dari acara pawai ini adalah makan bersama sesuai sunah Rasullah yang diikuti seluruh Guru, Staf dan siswa MTs Negeri 2 Bengkulu Utara.

“Setelah pawai kita makan bersama sesuai sunah Rasulullah, makanan dibawa dari rumah sendiri dan dimakan bersama-sama di atas daun pisang, yang mana mengajarkan kita arti kebersamaan, berbagi dan memper erat tali persaudaraan antar umat Islam,” ucapnya.

Daswan mengharapkan, kedepannya, seluruh keluarga MTs Negeri 2 Bengkulu Utara memahami bahwa 1 Muharam adalah tahun baru umat Islam dan lebih meramaikan tahun baru islam berikutnya.

“Harapan kami kedepannya seluruh keluarga MTs Negeri 2 Bengkulu Utara memahami bahwa 1 Muharam adalah tahun baru umat Islam dan lebih meramaikan tahun baru islam berikutnya,” pungkasnya. [Tri Sugeng]