PedomanBengkulu.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan 61 tokoh dari Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Selasa (10/9/2019) siang.

Dalam pertemuan tersebut, 61 tokoh menyampaikan 9 permintaan kepada pemerintah pusat. Salah satu permintaannya yakni agar pemerintah membangun Istana Presiden di Papua.

“(Permintaan) yang kesembilan membangun Istana Presiden RI di Papua, di ibu kota Provinsi Papua, di Kota Jayapura,” kata Perwakilan tokoh Papua, Abisai Rollo di kutip dari www.kompas.com.

Abisai menyampaikan bahwa Pemerintah tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan lahan. Sebab, ia mengaku siap menyumbangkan lahannya seluas 10 hektar untuk membangun Istana di Jayapura.

“Sehingga perjalanan presiden bukan hanya berkunjung, tapi berkantor di Papua,” kata Abisai.

Menanggapi hal ini, Jokowi akan memastikan lagi apakah tanah yang disiapkan Abisai itu benar-benar akan diserahkan gratis untuk membangun Istana.

“Ini kan di sana yang sulit tanahnya, ini tanahnya tadi sudah disediakan benar? 10 hektar gratis? Gratis? Sepuluh hektar benar? Sudah ada? Oh punya pak Abisai Rollo,” kata Jokowi.

Setelah memastikan ketersediaan tanah itu, Jokowi memastikan bahwa permintaan untuk membangun Istana di Jayapura dapat dipenuhi.

“Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusannya tidak keliru. Nanti saya ngomong iya, duitnya enggak ada. Ya jadi mulai tahun depan Istana dibangun,” kata Jokowi disambut tepuk tangan para tokoh Papua yang hadir.

Dalam pertemuan ini hadir 61 tokoh Papua yang terdiri dari pejabat daerah, tokoh adat, tokoh agama, hingga para mahasiswa. Adapun pertemuan ini sudah direncanakan Jokowi sejak aksi protes yang berujung kericuhan pecah di sejumlah wilayah di Papua pada Agustus lalu. [Medi Muamar]

Berikut Sembilan poin aspirasi dari para tokoh Papua:

1. Pemekaran Provinsi 5 wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat.
2. Pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua.
3. Penempatan pejabat eselon 1 dan eselon 2 di Kementerian dan Lembaga.
4. Pembangunan asrama nusantara untuk mahasiswa Papua di seluruh kota dan menjamin keamanan mahasiswa Papua.
5. Usulan revisi UU otonomi khusus dalam prolegnas dalam 2020.
6. Menerbitkan Inpres untuk pengangkatan ASN Honorer di tanah Papua.
7. Percepatan palapa ring timur papua.
8. Membentuk lembaga adat perempuan dan anak Papua.
9. Membangun Istana Presiden RI di Ibu Kota Provinsi Papua, Jayapura.