PedomanBengkulu.com Bengkulu – Pemerintah Kota Bengkulu akan meluncurkan program unggulan baru pada saat makan akbar Jum’at ini 6 Agustus 2019 di Masjid Agung At-Taqwa.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan bahwa saat makan akbar nanti akan diluncurkan program Gerakan Peduli Siswa (GPS) Rabu, (4/8/2019).

“Kita akan menyerahkan bantuan dari siswa untuk siswa. Penyerahan bantuan ini merupakan tindaklanjut dari Gerakan Peduli Siswa (GPS) yang telah dilaunching beberapa waktu lalu,” ujar Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Ditambahkan Helmi GPS adalah sebuah gerakan mengajak siswa agar peduli dengan teman sebayanya. Gerakan ini siswa menghimpun dana mereka sendiri dalam bentuk infaq Rp2.000 per minggu. Kemudian mereka kelola sendiri untuk membantu teman mereka yang kurang mampu di sekolah tersebut.

“Saat ini sudah terkumpul dana GPS puluhan juta,” terang Helmi.

Wakil Walikota Dedy Wahyudi juga menambahkan selain dua program tersebut, juga akan dilaunching KTP gratis untuk warga berusia 17 tahun.

“Kita juga akan melaunching program Dukcapil Jemput Bola. Yakni setiap warga yang sudah berusia 17 Tahun akan diberikan KTP secara gratis, diantar langsung ke rumah dan mendapat hadiah kartu ucapan ulang tahun dari walikota/wakil walikota,” sambung Dedy.

Dedy juga menjelaskan, selain KTP yang diantar gratis bagi yang berusia 17 tahun, setiap anak yang baru lahir juga akan diterbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Dan setiap warga yang meninggal dunia, maksimal 3 hari sudah diterbitkan langsung Akta Kematian. Akta kematian ini nantinya akan diserahkan langsung oleh walikota/wawali/camat/lurah pada saat takziah malam ketiga yang penyelenggaranya adalah Pemerintah Kota Bengkulu,” sampainya.

Selain itu juga, Walikota dan Wawali juga akan membagikan zakat untuk warga tidak mampu yang bersumber dari zakat ASN Pemkot Bengkulu melalui Baznas Kota Bengkulu.

“Setiap bulannya saat ini zakat yang terhimpun melalui Baznas rata-rata Rp500 Juta,” ujar Dedy.

Untuk Jumat Berkah mendatang, sambung Dedy, seperti biasa, Pemkot mengundang seluruh masyarakat untuk salat jumat berjamaah dan makan akbar 1441 nampan nasi ayam tempoyak.

“Ayo shalat Jumat Berjamaah di Masjid Agung At-Taqwa. Ini jumat berkah ke lima, alhamdulillah program ini tetap berjalan, semua dana Jumat Berkah ini melibatkan semua sumbangan masyarakat, dan juru masaknya juga dari para pemuda hijrah,” ujar Dedy.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Bengkulu Habib Abdulrahman Alkaf juga menyampaikan, dalam acara tersebut nantinya juga akan diberikan santunan kepada anak – anak yatim.

“Insya Allah kita akan menyantuni lebih dari 100 anak yatim, sekaligus makan bersama mereka,” kata Habib Abdulrahman Alkaf. [Rilis/Yusuf]