PedomanBengkulu.com, Lebong – Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Lebong, Senin pagi (16/9/19) dilaksanakan rapat terpadu dengan OPD dan Camat terkait. Kegiatan tersebut digelar menyikapi masih adanya permasalahan data dan pembayaran kompensasi lahan warga, yang dilewati jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang dilaksanakan PT Bangun Tirta Lestari (BTL).

Dalam rapat tersebut juga membahas adanya indikasi menyalahi aturan penghitungan ganti rugi tanam tumbuh yang dilakukan pihak PT BTL. Peraturan yang dimaksud diantaranya Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2012 dan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2015, yang menyatakan bahwa besaran ganti rugi ditetapkan berdasarkan perhitungan tim penilai yang memiliki ijin dari Kemenkeu RI dan lisensi dari lembaga pertanahan.

Sekda Lebong, Mustarani Abidin menyampaikan, rapat terpadu dalam jajaran internal Pemkab Lebong ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui sudah sejauh mana proses penyelesaian masalah kompensasi lahan dan tanam tumbuh, kepada warga yang lahannya terdampak kegiatan PT BTL dalam pembangunan tower dan jaringan SUTT.

“Camat diminta berkordinasi dengan PT BTL untuk menyelesaikan masalah kompensasi ini dalam waktu tiga hari. Apabila tidak selesai tingkat kecamatan, maka akan diselesaikan pada tingkat kabupaten,” sampai Mustarani.

Sementara itu, Asisten I, Jafri menambahkan, selama ini Pemkab Lebong hanya terlibat dalam izin IMB Tower, sedangkan untuk realisasi pembebasan lahan itu tidak melibatkan secara langsung Pemkab Lebong.

“Apalagi luas lahan dan jumlah warga yang belum diselesaikan belum kami terima. Maka kita serahkan ke kecamatan untuk menyelesaikan masalah kompensasi lahan dan tanam tumbuh masyarakat tersebut,” singkatnya.

Berdasarkan pantauan PedomanBengkulu.com, rapat terpadu tersebut dihadiri juga Asisten I, Asisten II, Ketua Satgas Percepatan Pembangunan sekaligus Ipda Inspektorat Lebong, juga sejumlah kepala dan perwakilan OPD lainnya, meliputi DPMPTS, Disperkim, Disnakertrans, Satpol PP, DPUPRP dan DLH, Kabag Pemerintahan dan Kabag hukum Setda Lebong, Camat Lebong Utara, Camat Lebong Tengah dan Camat Bingin Kuning.[Supriyadi]