Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara – Kalau bicara mengenai wisata di Bengkulu, pasti tidak akan ada habis-habisnya, bukan. Bengkulu kaya akan budaya maupun tempat wisata. Salah satunya yang terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara, lebih tepatnya di Desa Bukit Harapan.

Di Bengkulu Utara terdapat banyak sekali objek wisata sebut saja Air Terjun Curug 9, Lorong Watu, Kemumu dan masih banyak lagi. Selain objek wisata tersebut, ternyata tersimpan satu objek wisata yang tidak kalah saing. Kalian semua pasti penasaran bukan?

Baiklah disini saya akan mengulik sedikit mengenai objek wisata tersebut. Objek wisata ini yaitu air terjun Alas Bangun. Air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi tetap indah ini terletak di Desa Bukit Harapan.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Alas Bangun. Entah itu dari penduduk asli Bengkulu maupun luar Provinsi Bengkulu. Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian pun pernah berkunjung untuk melihat keindahan air terjun ini. Tidak sedikit yang berdecak kagum melihat pesona keindahan dan keeksotisan dari air terjun Alas Bangun ini.

Memang jarak yang ditempuh untuk sampai ke lokasi tersebut tidaklah dekat. Dari desa untuk sampai ke lokasi diperlukan waktu sekitar 30 menit. Jalan yang dilalui masih tanah merah dan jika musim hujan sangat susah dilalui.

Air terjun Alas Bangun masih sangat asri, pepohonan yang lebat dan semak belukar menjadi sahabat karib yang akan menemani perjalanan kalian. Namun semua kelelahan dan keletihan pada saat diperjalanan akan terbayar lunas ketika kalian tiba dilokasi. Pada saat musim kemarau seperti saat ini debit air yang mengalir sedikit.

Jarak tempuh air terjun dari Bandara Fatmawati bisa ditempuh sekitar 4-5 jam. Kalian bisa menggunakan jalur jalan tengah melewati Kabupaten Bengkulu Tengah selanjutnya menelusuri Kabupaten Bengkulu Utara.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Pinang Raya. Selanjutnya kalian ke desa Bukit Harapan yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut, jangan khawatir akan tersesat karena ada plakat jalan menuju air terjun dan kalian juga dapat bertanya dengan warga sekitar yang ramah. Tunggu apalagi, jangan sia-siakan kesempatan kalian untuk berkunjung ke Air terjun Alas Bangun. Dan selamat menikmati keindahan objek wisata air terjun Alas Bangun. [Tri Sugeng]