PedomanBengkulu.com, Seluma – Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Seluma Hadi Sanjaya mengatakan, dalam waktu satu bulan terakhir, mencatat setidaknya ada sekitar 10 kali peristiwa kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Seluma.

“Kalau kejadian kebakaran kita mencatat sudah 10 kali, kesemuanya itu merupakan kebakaran lahan gambut, yang diduga disengaja,” kata Hadi Sanjaya, Minggu (29/9/2019).

Disampaikannya, kebakaran ini terjadi akibat musim kemarau, sehingga sering terjadi kebakaran dengan disengaja dan tidak disengaja. Seperti sering terjadi akibat adanya masyarakat yang membuka lahan perkebunan.

“Sekarang ini kan semua lagi kering, lantaran panas setiap hari jadi jika kurang hati-hati maka resikonya memang sudah pasti kebakaran,” ujar Hadi.

Ditambahkannya, saat ini Kabupaten Seluma sudah empat unit mobil pemadam yang disiapkan di setiap daerah yang ada di Kabupaten Seluma.

“Semua mobil tengah kita siapkan, yang jelas kita sudah siaga jika terjadi kebakaran, dari semua mobil yang kita miliki hanya satu saja yang saat ini tidak dapat digunakan karena mengalami kerusakan,” pungkas Hadi.[YD]