PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu melantik kepengurusan SMSI di tingkat Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu, Rabu (4/8/2019).

Ketua SMSI Provinsi Bengkulu Rahiman Dani mengatakan SMSI adalah sebuah organisasi, tempat berkumpulnya pemilik media.

“Dengan dilantiknya pengurus di Kabupaten/Kota mudah-mudahan bisa mempererat silaturahmi dan menguatkan jaringan media siber di daerah. SMSI ini sudah berdiri di 34 Propinsi, 23 diantaranya sudah diverifikasi dewan pers. Tujuan SMSI yakni menjalankan fungsi sesuai dengan UU Pers,” kata Rahimandani dalam sambutannya.

Ditambahkan Rahimandani, SMSI sadar belum begitu lama berdiri, sehingga wajar kebebasan pers di Bengkulu cukup meningkat hasilnya didalam 2 tahun ini. Sehingga keluarga besar SMSI memohon dukungan semua pihak.

“Kami sadar masih banyak kekurangan, sehingga mungkin ada berita-berita yang kurang pas, kita akan terus berproses, kami juga berharap peran pemerintah untuk meningkatkan potensi, kami berharap support,” pungkas Rahimandani.

Sementara, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap jangan melihat media sebagai sesuatu yang ditakuti, tetapi harus peduli dengan media. Terlebih Pemerintah dan masyarakat membutuhkan peran media sebagai mitra dan kontrol sosial yang membangun.

“Fungsi lain dari media, saya ingin melihat media mebentuk pola pikir masyarakat, menggiring opini, daerah tidak akan maju kalau pola pikir masyarakat tidak maju. Sehingga masyarakat Bengkulu nantinya punya pola pikir yang sehat,” ujar Rohidin Mersyah. [Yusuf]

Diketahui, dalam pelantikan tersebut hadir Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, Ketua DPRD Kota Bengkulu Supriyanto, Rektor Unib Ridwan Nurazi, Korem, Polres, AMBO dan Berbagai Instansi Pemerintahan. [Yusuf]

Berikut Daftar Nama Ketua SMSI Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu:

1. Kabupaten Kaur : Miruan
2. Bengkulu Selatan : Junaidi Hamid 
3. Seluma : Yedi Kustanto
4. Kota Bengkulu : Doni Supardi 
5. Bengkulu Tengah : Zulfikar
6. Bengkulu Utara : Firdaus Efendi
7. Mukomuko : Yadi Hermawanto
8. Lebong : Alexander 
9. Rejang Lebong : Didi Sunarya 
10. Kepahiang : Ujang Efendi