PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Bengkulu meraih juara tiga pemenang lomba Minang Entrepreneur Award Kategori Existing Business.

Rofiq salah satu Mahasiswa UT yang ikut dalam perlombaan tersebut, Selasa (3/9/2019) mengatakan pihaknya sangat bangga dengan prestasi yang diperoleh empat perwakilan Mahasiswa UT Bengkulu dalam perlombaan tersebut, apalagi perlombaan ini merupakan program dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla. Pada perlombaan, mahasiswa UT membawa produk Krupuk Tuiri atau Krupuk Kalsium yang memanfaatkan limbah tulang ikan tenggiri Bengkulu.

“Bapak Wapres sebagai pembina dan alhamdulillah, UT Bengkulu berhasil mendapat juara 3 Kategori Existing Business atau bisnis yang telah berjalan. Lombanya ini di Hotel Pangeran Beach Padang, sedangkan penganugerhannya di Auditorium Universitas Negeri Padang,” ucap Rofiq.

Rofiq menjelaskan dalam perlombaan tersebut Mahasiswa UT terlebihdahulu mengikuti seleksi proposal dari bulan November 2018 sampai Februari 2019 dan bersaing dengan 204 proposal, 203 proposal dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah 10, yang mencakup wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan ditambah 1 Team dari Bengkulu. Kemudian peserta yang lulus di undang untuk presentasi pada 6 April dan pada 3 September 2019 baru diumumkan pemenangnya.

“Jadi hari ini 3 3eptember baru di umumkan pemenangnya. Yang menyebabkan lumayan lama, karena kita mengikuti jadwal pak Wapres yang padat,” kata Rofiq.

Rofiq mengungkapkan, Provinsi Bengkulu
awalnya tidak diundang, karena bukan cangkupan Kopertis wilayah 10 tapi wilayah 9. Kemudian pihaknya meminta kebijakan untuk dapat mengikuti perlombaan dan akhirnya diperbolehkan.

 

Alhamdulillah, UT Benglulu sekaligus mewakili Provinsi Bengkulu, bisa membuat kejutan dan berhasil keluar sebagai pemenang,” ungkap Rofiq. [Anto]