PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Gadget yang saat ini mudah di akses dan didapatkan baik dari kalangan orang tua, anak muda, hingga anak-anak memiliki pengaruh terhadap kesehatan dan pola pikir khususnya pada kalangan anak-anak yang menggunakannya.

“Ada dampak negatif dan positif dari gadget, tentu bagi anak-anak gadget jika digunakan secara terus menerus akan berdampak salah satunya dampak kesehatan mata,” kata Wakil Bupati Rejang lebong Iqbal Bastari, Kamis (19/09).

Ditambahkan Wabup, dengan gadget akan membuat anak menjadi malas, anti sosial dan berpengaruh terhadap tata krama, norma dan lainya.

“Meskipun bisa membelikan anak gadget, namun orang tua harus membatasi penggunaannya,” harap Iqbal.

Wabup mengimbau agar penggunaan Gadget diganti dengan buku-buku bacaan terutama buku agama. “Memang awalnya berat, namun secara berlahan mudah-mudahan dengan membatasi penggunaan gadget dan beralih ke membaca buku bisa dilakukan,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa anak merupakan aset yang nantinya akan tumbuh dan berkembang dan akan menggantikan generasi berikutnya. Sepatutnya, selain memenuhi kebutuhan materil anak juga memerlukan kebutuhan lain seperti pendidikan, kasih sayang yang tentu harus terus kita pantauan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. [Julkifli Sembiring]