Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pelaku tindak pidana pencurian dengan modus pembobolan rumah, saat ini tak hanya mengincar korban yang tak dikenal. Namun keluarga sendiri justru dapat menjadi korban pencurian.

Peristiwa ini terjadi di Desa Mekar Jaya Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma, pada hari minggu (13/10/2019) kemarin. Seorang warga bernama Saiman kehilangan uang tunai sebesar Rp 62,1 Juta milliknya yang disimpan di dalam lemari. Peristiwa tersebut baru disadari korban saat sore hari pukul 18.00WIB, usai pulang dari Kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma.

“Berdasarkan jejak yang ditingalkan pelaku, pelaku masuk melalui jendela bagian belakang rumah dengan terlebih dahulu menarik dan memutuskan tali pengikat kunci jendela, kemudian pelaku masuk ke dalam kamar tidur dan mengambil uang milik pelapor di dalam lemari tersebut” jelas Kapolsek Talo, Iptu Sodri, Rabu (16/10/2019).

Korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Talo, dan setelah diselidiki ternyata pelaku merupakan orang dekat korban, yang terdiri dari anak korban, supir korban, dan teman temannya.

Polisi awalnya mengamankan pelaku insial DN yang merupakan supir korban, dan mengakui yang mencuri uang korban bersama YO (anak korban) serta AK, TO dan RI yang merupakan teman sepermainan YO (anak korban). Kelima pelaku diketahui masih berusia 22 tahun dan warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Talo.

“Petugas awalnya mengamankan DN dan RI di Desa Mekar Jaya Kecamatan Ulu Talo dan di bawa ke Mapolsek Talo, selanjutnya dari hasil pengembangan dari keterangan DN dan RI diamankan lagi dua pelaku AR dan TO di Manna-Bengkulu Selatan. Kemudian pelaku YO berhasil di kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu pukul 21.00WIB. Sedangkan pelaku AR dan KO diamankan di Gudang Pengrajin Kayu Kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan” papar Iptu Sodri.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui pelaku YO telah membagi hasil uang curian kepada teman-temannya.

“Pelaku DR sebesar Rp 500 ribu, TO 1 juta, AR 500 ribu, RI 900 ribu,” jelas Iptu Sodri.

Kelima pelaku saat ini sudah diamankan di Polsek Talo, dan dikenakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. [IT2006]