Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara – Momen liburan akhir pekan dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur ke berbagai tempat wisata. Di Provinsi Bengkulu, salah satu tempat yang menarik adalah lokasi Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Sumatera di Taman Wisata Alam (TWA) Seblat Bengkulu.

Jika anda sedang berkunjung ke Provinsi Bengkulu, jangan lupa untuk mengunjungi Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Selain bisa melihat atraksi gajah-gajah yang telah dijinakkan, anda juga bisa menambah ilmu tentang satwa dilindungi ini. Gajah Seblat adalah sebutan untuk gajah-gajah liar (Elephas maximus sumatrensis) yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Gajah Seblat dahulu menjadi musuh para petani karena sering merusak tanaman-tanaman. Namun sekarang Gajah Seblat dilatih oleh pawang-pawang agar lebih berfungsi bagi masyarakat.

Pusat Latihan Gajah (PLG) di TWA Seblat yang tepatnya masuk Desa Sukabaru Kecamatan Marga Sakti Seblat Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, selalu ramai didatangi pengunjung saat hari libur tiba.

Para pengunjung bisa melihat, membelai hingga menaiki punggung gajah, sembari ditemani pawang gajah. Keceriaan ini sangat dinikmati para pengunjung, baik dari warga Bengkulu asli maupun para pendatang.

Di PLG Seblat, ada sebanyak 12 ekor gajah yang dipelihara dan dibina, yaitu 4 ekor gajah jantan yang dirawat berdekatan dengan camp PLG Seblat dan 8 ekor gajah betina yang dipelihara di dalam hutan.

Pasti kalian penasaran dimana lokasi Objek Wisata yang satu ini. Di sini saya akan memberikan sedikit petunjuk dimana lokasi tempat Pusat Pelatihan Gajah Seblat.

Pusat Pelatihan Gajah Seblat terletak di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara yang berjarak kurang lebih sekitar 132 kilometer dari Kota Bengkulu. Untuk menuju Pusat Pelatihan Gajah Seblat tidak terlalu sulit. Areal Pusat Pelatihan Gajah Seblat bisa dicapai dari berbagai arah. Jika anda berangkat dari Kota Bengkulu, anda harus menempuh perjalanan sekitar 150 kilometer menuju Air Muring, Bengkulu Utara. Dari Air Muring, ada tiga pintu masuk ke Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Salah satunya, melalui PT Agricinal dengan jarak tempuh 20 kilometer. Jalan lainnya, melalui Seblat (samping Kantor Kecamatan Putri Hijau), Suka Baru, Pusat Pelatihan Gajah Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer. Alternatif terakhir, lewat Air Muring, Suka Merindu, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 17 kilometer.

Ayo tunggu apa lagi, nikmati akhir pekan anda ke Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Selain untuk mengisi liburan, anda juga dapat mengenalkan anak anda tentang hewan yang sudah hampir punah ini.[Sugeng]