Pedomanbengkulu.com, Seluma – Kementerian Perhubungan melakukan pengecekan terhadap alat uji kendaraan, di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPKB) Kabupaten Seluma, yang beralamat di kelurahan Sembayat kecamatan Seluma Timur pada Selasa (15/10) siang.

Pengujian dihadiri Sekda Kabupaten Seluma, Irihadi, dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Seluma, Erlan Suadi.

Adapun jenis alat yang diperiksa diantaranya adalah, alat uji emisi, penimbang berat mobil, penguji rem, penguji lampu, dan penguji roda.

“Seluruh alat sudah kami cek, dan berfungsi normal. Kalau sesuai standarnya, alat alat ini sudah lengkap untuk menjalankan uji kendaraan,” jelas Kasi Fasilitas Pengujian, Direktorat Sarana Tranportasi Jalan Kemenhub, Yanti Marliana.

Diketahui masih ada dua jenis peralatan yang belum dimiliki BPKB Seluma, yakni alat uji speedometer dan kaca mobil. Dari keseluruhan item penilaian, Direktorat Sarana dan Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan memberikan nilai kepada BPKB Seluma akreditasi C. BPKB Seluma diminta untuk melengkapi persyaratan administrasi, dan alat penguji yang belum lengkap.

“Untuk sarana yang belum ada, kami beri waktu selama 2 tahun untuk dilengkapi,” tambah Yanti.

Sementara itu, rencananya Bidang Perhubungan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukikan Seluma, berencana untuk mengajak pemda Kabupaten tetangga yakni Bengkulu Selatan untuk bekerja sama, dalam menggunakan BPKB Seluma. Ini karena masih banyak kabupaten yang tidak memiliki balai pengujian kendaraan.

“Sudah kami sampaikan ke pihak pemda, dan responnya baik untuk membuat MOU,” jelas Kadis Perkim Kabupaten Seluma, Erlan Suadi.

Tahun ini BPKB Kabupaten Seluma, sudah menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pengujian kendaraan di BPKB sebesar Rp. 300 juta.

“Saat ini sudah tercapai Rp.150 juta,” tandas Erlan Suadi.

Adapun BPKB Seluma sudah didirikan sejak tahun 2012 lalu. BPKB berfungsi untuk melakukan pemeriksaan fisik kendaraan, dan menentukan layak atau tidaknya kendaraan untuk difungsikan.

Pengelolaan BPKB Seluma berada dibawa Bidang Perhubungan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Seluma. [IT2006]