PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Bupati Rejang Lebong DR (HC) H Hijazi mencopot status enam orang pejabat eselon II di lingkungan Pemda Rejang Lebong. Di-nonjob-kannya para pejabat tersebut tertuang dalam Surat keputusan Bupati Rejang Lebong Nomor: 180.637.X. Tahun 2019 tanggal 4 Oktober 2019. Selain itu, bupati juga melakukan mutasi terhadap 70  pejabat eselon  III dan Eselon IV. Kegiatan mutasi ini dipimpin oleh Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari M.Pd yang dilaksanakan diruang Pola Pemda Rejang Lebong, Selasa (8/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Pejabat eselon II yang di-nonjob-kan tersebut yakni Taman yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan ditempatkan sebagai Pelaksanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Benny Irawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perdaganan, Koprasi, UKM dan Perindustrian ditempatkan menjadi pelaksana pada bagian Administrasi umum sekretariat daerah diperbantukan pada staf Sekretaris Daerah, Gunawan Firmansyah yang sebelumnya menjabat kepala Dinas Perhubungan ditempatkan pelaksana  pada bagian administrasi umum sekretariat daerah diperbantukan pada staf Sekretaris Daerah. Edi Ansori yang sebelumnya menjabat staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik ditempatkan menjadi pelaksana pada Dinas Pemadam Kebakaran, Rahmandani yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah ditempatkan menjadi pelaksanan pada Dinas Pariwisata. Akibat di-nonjob-kannya para pejabat ini, mereka akan kehilangan tunjangan jabatan senilai Rp 2.025.000. Sedangkan pejabat yang di-rolling yakni Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP dipindah menjadi Staf Ahli Bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan sedangkan Dwi Purnama Sari yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dipindah menjadi Kepala Dinas Perdaganan, Koprasi, UKM dan Perindustrian.

Untuk pejabat eselon III yang mengalami mutasi ataupun mendapatkan promosi diantaranya Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Lurah Banyumas Curup Tengah dipromosikan menjadi Camat Curup Tengah, Wuwun Mirza yang sebelumnya merupakan pejabat di lingkungan Pemda Lebong dan pindah ke Pemda Rejang Lebong diangkat menjadi Sekretaris Pengelolaan Keuangan Daerah sedangan pejabat sebelumnya Zulkarnain  dipindah menjadi Sekretaris Bappeda.

“Pejabat ini bukan nonjob tapi penyesuaian lah, tentunya akan ditindaklanjuti dicarikan yang the right man on the right place. Pada prinsipnya mutasi ini sebuah kebutuhan dan ini alami siklus birokrasi begitu. Saya juga sudah pesankan agar pejabat ini segera beradaptasi, memahami tupoksinya dan mengayomi staf-staf bawahannya,” ujar Wabup.

Dikatakan Wabup, menurutnya hal ini dilakukan sudah sesuai dengan aturan.

“Prosedur sudah jobpit dan sebagainya, untuk kekosongan jabatan akan dilakukan pengisian,untuk waktunya tergantung kebutuhan,” pungkas Wabup.[Julkifli Sembiring]