PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Keseriusan Agusrin M Najamudin untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 mendatang tampak semakin membara. Hal ini terlihat dari upayanya yang terus gencar mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Gubernur di sejumlah partai politik.

Baru saja, Senin (14/10/2019), Agusrin melalui timnya mempersunting partai asuhan Helmi Hasan yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dengan harapan mengusungnya di kontestasi Pilgub nanti.

Tim Lima Penjaringan DPW PAN Beny Suryadiningrat, mengatakan PAN terbuka bagi siapa saja yang ingin maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti, baik itu kader maupun non kader, dengan syarat mengikuti mekanisme dan aturan partai serta memenuhi syarat seperti yang tertuang dalam aturan Pemilihan Umum (Pemilu).

“Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin maju.
Kemaren Pak Rio Capella melalui timnya sudah mengambil formulir untuk bakal calon Gubernur, dan baru saja tim dari Pak Agusrin juga mengambil formulir,” ucap Beny Suryadiningrat.

Beny Suryadiningrat mengungkapkan, untuk PAN sendiri ada penambahan syarat khusus yakni, seluruh bakal calon yang sudah mengembalikan formulir, akan diuji kedalaman visi dan komitmennya melalui Forum Group Discussion (FGD), agar calon kandidat Pilgub 2020 yang diusung PAN nantinya betul-betul memenuhi harapan masyarakat Provinsi Bengkulu.

Menurut Beny Suryadiningrat, untuk syarat administrasi ia menilai siapa saja mampu melengkapi. Namun untuk konsep belum tentu mampu dipenuhi setiap orang. Karena kontestasi Pilgub nanti merupakan pesta besar Demokrasi masyarakat Provinsi Bengkulu yang nantinya menghasilkan seorang pemimpin Provinsi Bengkulu yang akan menentukan arah pembangunan Provinsi Bengkulu dan kesejahteraan masyarakat kedepannya.

“Maka dari itu, kita mewajibkan seluruh calon kandidat yang diusung PAN hadir dalam FGD, agar kita tahu sedalam apa visi dan komitmennya yang ditawarkan kepada PAN dan masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya,” terang Beny Suryadiningrat.

Beny Suryadiningrat menambahkan, penjaringan Balon Gubernur tersebut dibuka sejak 12 Oktober hingga 12 November 2019 mendatang. Beny Suryadiningrat menyampaikan, untuk Helmi Hasan yang digadang-gadang bakal ikut bertempur di Pilgub nanti, hingga kini belum mengambil formulir pendaftaran.

“Kita tunggu saja nanti, waktu penjaringan kita masih lama, masih banyak waktu. Untuk Pak Helmi belum mengambil formulir di sekretariat penjaringan,” jelas Beny Suryadiningrat.

Sementara itu, Hendra Kusman perwakilan Agusrin mengaku, bahwa pihaknya telah mengambil formulir pendaftaran di DPW PAN. Pengambilan formulir tersebut merupakan komitmen sejak awal yaitu membangun komunikasi dengan seluruh partai politik, salah satunya PAN, dan pihaknya akan segera mengembalikan formulir pendaftaran bersama persyaratan yang sudah ditentukan.

“Ini merupakan dorongan masyarakat agar Pak Agusrin kembali memimpin Bengkulu dan kami selaku tim akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan harapan tersebut,” ungkap Hendra. [Anto]