Kepala DKP Kota Bengkulu, Syafriandi

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Pada tahun 2020, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu akan memberikan bantuan kapal sebanyak 1001 unit kapal untuk nelayan.

“Artinya Pemerintah Kota Bengkulu, bapak Walikota menginginkan kesejahteraan nelayan itu meningkat di 2020, hasil tangkapan mereka meningkat. Sehingga kita juga bisa punya program yang lain, seperti zakat ke Masjid, memakmurkan Masjid. Dan inilah yang kita inginkan dengan adanya kesejahteraan nelayan di 2020,” ujar Kepala DKP Kota Bengkulu, Syafriandi saat diwawancarai di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu, Jumat (11/10/2019).

Safriandi menerangkan, 1001 kapal yang akan dibagikan tersebut termasuk dengan alat tangkapnya seperti jaring. Yang jelas alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Alat tangkap itu seperti jaring, banyak alat tangkap yang ramah lingkungan. Artinya tidak ada lagi yang melanggar aturan,” ucap Safriandi.

Safriandi menambahkan, bantuan kapal lengkap dengan peralatan tangkap itu nantinya tidak hanya dibagikan kepada kelompok nelayan saja, tetapi juga terhadap masyarakat perorangan yang merupakan nelayan. Bantuan tersebut berasal dari dana APBD murni dan ditambah dana dari pusat yang masih dalam perhitungan dan dibicarakan ke Dewan.

“Itu nanti ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan bantuan kapal. Untuk sumber dananya murni APBD dan ditambah dana dari pusat, sekarang masih kita hitung,” terang Safriandi. [Anto]