PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan RS Gading Medika, Jum’at (11/10), memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat untuk operasi Tubektomi.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Provinsi Bengkulu, Baitul Masyita SH, mengatakan bahwa pelaksanaan Bhakti Sosial pelayanan KB Tubektomi ini dilaksanakan guna mendongkrak capaian program KKBPK khususnya capaian kesertaan KB.

“Tubektomi merupakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) khususnya Medis Operasi Wanita (MOW). Adapun seluruh pembiayan yang dikeluarkan dari pelaksanaan Pelayanan ini ditanggung sepenuhnya oleh BKKBN,” ujar Masyita.

Lebih lanjut diungkapkan Masyita, alasan terpilihnya RS Gading Medika sebagai pelaksana kegiatan ini, dikarenakan tenaga medis yang menanganinya merupakan orang-orang yang ahli dibidang tersebut.

Dikesempatan yang sama Direktur RS Gading Medika, dr. Prionoto, menyebutkan jumlah akseptor yang akan dilayani sebanyak 10 orang.

Hal senada juga diungkap oleh dr. Demsi, SPOG selaku dokter yang menangani  pelayanan KB tubektomi, jika pihaknya selalu siap dalam memberikan pelayanan KB tubektomi setiap hari dengan jumlah dokter SpOG yang menangani berjumlah 5 orang.

“Operasi KB tubektomi ini tidak memakan banyak waktu,  hanya sekitar 10-15 menit per orangnya. Perlu kita sampaikan juga bahwa kedepan tidak hanya KB tubektomi saja yang akan kita lakukan, tapi bisa jadi semua pelayanan KB bisa kita pusatkan di sini (RSGM)  mulai dari suntik,  pil kb dan lain-lainnya,” tutup dr. Demsi. [Nurhas]