Pedomanbengkulu.com, Seluma – Olahan ikan merupakan salah satu bahan makanan favorit nusantara, termasuk di wilayah Kabupaten Seluma. Wilayah Kabupaten Seluma yang dekat dengan laut dan terdapat banyak sungai, menjadikan olahan ikan sering digunakan sebagai lauk sehari-hari.

Jika berkunjung ke Kabupaten Seluma, tepatnya di jalan raya Bengkulu-Manna kelurahan Talang Dantuk, terdapat pedagang ikan salai dan ikan panggang di pinggir jalan.

Salah satu pedagang ikan panggang dan salai, Yuspita, menjual berbagai jenis ikan dipondoknya. Ikan yang dijual yakni ikan palau, ikan lele, dan ikan belanak. Ikan salai dimasak dengan cara diasap dalam waktu yang lama dan dikeringkan, sedangkan ikan panggang dimasak dengan cara ditusuk menggunakan lidi, dan kemudian dibakar diatas bara api.

“Ikannya dari memancing sendiri di sungai talang dantuk, dan pantai pasar seluma. Saya juga jual ikan yang masih mentah” ujar Yuspita, penjual ikan panggang dan salai

Adapun harga ikan salai dan panggang, dijual seharga Rp. 10.000 hingga Rp.15.000 perbungkusnya. Setiap hari Yuspita bisa menjual ikan 50 ekor ikan.

“Yang beli ada dari Bengkulu, dari (Bengkulu) Selatan, ada juga yang mau pulang ke Jakarta beli ikan disini untuk oleh oleh” tambah Yuspita.

Ikan salai dan ikan bakar, sering dijumpai restoran khas serawai, dan menjadi menu unggulan. Ikan dimasak dengan cara digulai santan, bersama bahan bahan lain seperti jamur, kecombrang, kacang panjang, dan terong.

“Paling pas memang digulai santai, pakai unji (kecombrang), kacang, terong, enak rasanya” tandas Yuspita yang sudah bertahun-tahun berjualan olahan ikan. [IT2006]