PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota – Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu tahun 2020 selain difokuskan untuk Sumber Daya Manusia (SDM,) akan difokuskan ke sektor pembangunan infrastruktur di Kota Bengkulu. Hal tersebut menjawab tuntutan masyarakat agar hasil pembangunan dapat dirasakan langsung. Demikian diungkapkan Walikota Bengkulu Helmi Hasan usai menghadiri Sosialisasi Pengajuan Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga di Grage Hotel belum lama ini.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan, belanja sektoral ditujukan pada upaya untuk menjawab prioritas daerah. Hal itu meliputi peningkatan infrastruktur suatu daerah, peningkatan kualitas SDM bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

“APBD kita masih fokus untuk infrastruktur. Masih banyak kendala yang dihadapi karena infrastruktur di Kota Bengkulu ini masih kurang memadai terutama dalam bentuk jalan, penerangan, drainase dan lainnya,” ungkapnya.

“Semua pihak sepakat bahwa kegiatan pembangunan infrastruktur masuk prioritas pada kinerja tahun 2020,” tambahnya.

Disampaikan Helmi, salah satu alasan menjadikan infrastruktur sebagai fokus pembangunan karena pembangunan infrastruktur gampang dikontrol dan diawasi. Hasilnya pun langsung terlihat.

“Infrastruktur menjadi salah satu poin penting dalam suatu daerah, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi, suatu daerah memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Selanjutnya, pemerintah akan fokus pada pembangunan SDM setelah seluruh infrastruktur rampung. Hal ini agar kualitas SDM di Kota Bengkulu semakin baik ke depannya,” terang Helmi.

Dengan demikian, sambungnya, ekonomi Kota Bengkulu pun akan terdongkrak. Kota Bengkulu tidak akan terjebak dalam perangkap Kota dengan pendapatan menengah. “Jangan sampai kita terjebak di sana dan kita tidak bisa melompat menjadi kota yang maju,” tutupnya. [Medi/Rilis]