Kepala Cabang BPJS Curup Syafrudin Imam Negara

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong saat ini merupakan satu satunya wilayah pemerintahan terkecil diwilayah kerja kantor cabang BPJS Kesehatan Curup menjadi Pilot Projek Desa JKN. Diungkapkan Kepala Cabang BPJS Curup Syafrudin Imam Negara konsep JKN ini meliputi 3 aspek yakni kepesertaan JKN, Pengumpulan Iuran dan Pelayanan kesehatan

“Di Kelurahan Tes ini kepesertaan BPJS Kesehatanya mencapai 114 persen atau sebanyak 3501 sedangkan jumlah penduduk versi dukcapil 3148. Ini terjadi karena alamat peserta BPJSnya masih di tes namun domisilinya sudah pindah dan BPJSnya masih aktif meski sudah pindah,” kata  Syafrudin.

Ditambahkan Syafrudin terkait dengan iuran, untuk kepesertaan mandiri ada ketaatan untuk melakukan pembayaran iuran, mekanisme pembayaran bisa dilakukan melalui pembiayaan sendiri, CSR Perusahaan, Donasi masyarakat atupun ditanggung pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Untuk mekanisme pembayaran iuran ini kita eksplor dari masyarakat apa yang bisa dilakukan untuk pembayaran iurannya bisa melalu BUMDes, ataupun mengiur pas lagi panen artinya tingkat ketaatan membayar iuran cukup tinggi,” kata Kacab.

Terkait pelayanan kesehatan, selain melayani pesert BPJS pada saat sakit juga dilakukan upaya promtif, prepentif untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Kita melakukan kegiatan senam, pemeriksaan rutin kesehatan, kita juga melakukan kerjasama dengan laboratorium kita fokuskan ke wilayah tes dan kita juga memantau indikator kesehatan yang kita punya seperti rasio rujukan, angka kontak sinergi dengan Program indonesia sehat pendekatan keluarga,” kata  Syafrudin.

Dilanjutkan Syafrudin, di seluruh Indonesia pilot projek program JKN in baru ada 19 desa atau kelurahan. Kedepanya diupayakan progam ini meningkat untuk tingkat kecamatan maupun kabupten.

“Sesuai dengan RPJMN tahun 2014-2021 bahwa ditahun 2019 targetnya 95 persen warga disuatu wilayah memiliki jaminan kesehatan makanya kita kejar lingkup terkecil dulu yakni tingkat kelurahan. Harapan kita diseluruh wilayah kerja kita yakni kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang , Lebong dan Bengkulu Utara program ini bisa berjalan dengan adanya upaya dari masing masing desa untuk menjalakan progam ini,” pungkas Syafrudin. [Julkifli Sembiring]