Herman Yatim

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Kekurangan tenaga guru tak hanya dialami oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma, tetapi juga dialami oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma, khususnya guru mata pelajaran agama.

Tercatat ada 120 guru agama yang bertugas di Seluma. Mereka tersebar di lebih dari 200 sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma dan Provinsi Bengkulu yakni di SD, SMP, SMA dan SMK, maupun yang di bawah naungan Kementerian Agama sendiri yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Adapun saat ini terdapat 7 MIN, 4 MTS, dan 1 MAN di Kabupaten Seluma.

“Sudah dibantu oleh (guru) yang honorer, tetapi sementara masih (mengalami) keterbatasan,” jelas Kepala Kantor Kemenag Seluma, Herman Yatim, Rabu (23/10/2019).

Lebih lanjut, Herman Yatim menyebutkan kekurangan guru agama juga dialami madrasah swasta yang di bawah naungan kemenag

“Itu kita berbicara yang negeri saja, belum lagi yang madrasah swasta, masih banyak kurang itu ” jelas Herman.

Adapun guru agama di seluruh sekolah, berasal dari rekrutmen yang dilakukan oleh Kementerian Agama, ataupun yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

“Ada yang memang dari Kemenag, ada juga yang direkrut sendiri oleh Pemda,” tambah Herman.

Dengan begitu, Herman mengatakan perjuangan untuk memajukan pendidikan berbasis agama di Kabupaten Seluma masih jauh dan sangat membutuhkan peningkatan di berbagai aspek.

“Bagaimana kita melihat ada satu keberimbangan, artinya (untuk) peningkatan SDM, kualitas sekolah, masih panjang,” jelas pungkas Yatim. [IT2006]