PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pada Senin (28/10/2019), Monumen Fatmawati telah dipasang di Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu. Namun, kapan Monumen Fatmawati tersebut akan diresmikan?

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, monumen Fatmawati rencana akan diresmikan pada hari ulang tahun Ibu Fatmawati yakni 5 Februari 2020.

“Rencana saat hari ulang tahun Bu Fatmawati, bulan Februari yang akan datang,” kata Rohidin saat dihubungi via whatsapp, Selasa (29/10/2019).

Sebelumnya Rohidin mengatakan, monumen Fatmawati ini akan menjadi ikon bersejarah di Bengkulu dimana Fatmawati merupakan istri Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Dan, Fatmawati juga yang menjahit bendera pusaka sangsaka merah putih.

“Monumen ini akan menjadi ikon bersejarah bagi Bengkulu, sebagai tanah kelahiran ibu negara pertama dan sang penjahit bendera pusaka sangsaka merah putih Republik Indonesia,” kata Rohidin, Sabtu (17/8/2019).

“Jadi monumen Fatmawati ini akan menjadi tonggak sejarah baru bagaimana Indonesia untuk menghargai dan mengapresiasi perjuangan Ibu Fatmawati,” jelas Rohidin.

Diketahui, Patung Fatmawati ini merupakan pergantian dari Patung Kuda dan pembangunan Patung Fatmawati sepenuhnya dilakukan Yayasan Fatmawati dan Kementerian BUMN.

Sementara untuk pembuatan patung dibiayai konsorsium BUMN dan dibuat oleh pematung profesional di Bandung, Jawa Barat dan desain patungnya akan dibuat menyerupai lukisan ketika Fatmawati sedang menjahit bendera merah putih. [Medi Muamar]