PedomanBengkulu.com, Jakarta – Pada bulan September Tahun 2020, Indonesia akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 270 daerah yang terdiri dari 9 Pemilihan Gubernur, 224 Pemilihan Bupati, dan 37 Pemilihan Walikota.

Dari 9 Provinsi tersebut, Bengkulu merupakan salah satu daerah yang akan memilih Gubernur selain Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Senator muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief mengajak kaum mudi dan muda untuk bersama-sama menyikapi hajatan lima tahunan ini secara cerdas dengan agar Pilkada 2020 berlangsung damai dan menghasilkan kepemimpinan yang berkualitas.

“Kaum muda yang ada dalam organisasi massa, organisasi mahasiswa, organisasi kedaerahan, apapun organisasinya dan almamaternya, jaga persaudaraan, persatuan dan kerukunan, terkhusus di Provinsi Bengkulu tercinta,” kata Senator Riri kepada media, Kamis (3/10/2019).

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menjelaskan, persaudaraan dan keutuhan bangsa yang telah terjalin sejak berabad-abad yang lalu jangan sampai retak hanya karena perbedaan pandangan politik dan informasi-informasi hoaks.

“Millenial mesti menempatkan Pilkada 2020 ini sebagai ajang untuk berlomba-lomba berbuat baik dan berbicara baik. Silahkan adu program dan gagasan, tapi lakukan dengan kata-kata yang diucapkan secara santun dan beradab,” ungkap Senator Riri.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu mewanti-wanti agar Pilkada 2020 ini tidak dimanfaatkan oleh kepentingan-kepentingan yang tak kasat mata untuk memecah belah generasi bangsa dengan dalih suku, ras, agama dan antargolongan (SARA).

“Indonesia butuh energi yang besar dari persatuan yang luas semua anak bangsa yang terpanggil untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Millenial dapat berperan aktif, secara sederhana bisa dengan mengawasi Pilkada dan menggunakan hak pilihnya dengan cerdas,” ungkap Senator Riri.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur itu optimis pelaksanaan Pilkada di Bengkulu akan berjalan dengan kondusif. Menurutnya, optimisme itu muncul dengan melihat pelaksanaan Pemilu 2019 yang baru saja berakhir dengan aman, lancar dan damai.

“Sinergi TNI-Polri di Bengkulu sudah sangat baik sekali dalam melakukan pengamanan. Mudah-mudahan kondisi yang sama bisa dilakukan pada Pilkada 2020 kelak. Millenial sebagai mayoritas dalam Pilkada nanti semoga bisa menyalurkan hak suaranya dengan cerdas dan tenang, tanpa menimbulkan konflik,” demikian Senator Riri. [Medi Muamar]