Tampak Sekda Kota Bengkulu, Marjon didampingi Kajari Bengkulu, Emilwan Ridwan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Diketahui baru saja Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu melaunching program baru yakni program Sistem Informasi Aplikasi Pengendalian Tim Pengawal dan Pengamananan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (SIAP-TP4D) yang tujuannya memudahkan TP4D dalam pemantauan pelaksanaan pembangunan di Kota Bengkulu.

Program Aplikasi android tersebut mendapat apresiasi dari Pemkot Bengkulu. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon mengatakan, aplikasi SIAPTP4D akan lebih mempermudah komunikasi unsur TP4D dalam mencegah perbuatan melawan hukum pada pelaksanaan pembangunan di Kota Bengkulu.

Marjon menilai, selama ini TP4D kinerjanya konvensional. Dalam artian lebih banyak melakukan pertemuan dengan OPD-OPD dengan membawa aplikasi yang baru saja dikembangkan sehingga akan lebih mempermudah komukasi.

“Jadi semua masukan bisa dipantau, dimonitor,” ucap Marjon.

Marjon berharap inovasi-inovasi yang sudah di cetuskan agar lebih dikembangkan lagi, salah satu contohnya yaitu kelengkapan pelaksanaan lelang barang bukti tindak pidana, sehingga masyarakat yang mengikuti lelang lebih mudah.

“Jadi nanti peserta lelangnya tahu kenapa yang ditetapkan itu yang menang. Apa yang menjadi ukuran menjadi pemenang lelang, sehingga masyarakat bisa memantau,” terang Marjon.

Marjon juga menegaskan bagi para rekanan untuk lebih optimal dalam melaksanakan suatu pekerjaan sehingga sesuai target yang ditentukan sehingga tidak bermasalah hukum.

“Adanya aplikasi dan pendampingan itu tidak menjadi jaminan. Tidak ada istilah aman, yang terpenting adalah bekerja dengan baik, benar, berkualitas dan sesuai ketentuan. Kalau tidak, itulah nanti ada penindakan,” jelas Marjon.

Marjon menambahkan, tugas dari TP4D adalah pendampingan dan meluruskan jika ada indikasi penyimpangan selama pekerjaan berlangsung.

“Tapi kalau pekerjaan sudah selesai masih ada penyimpangan, tentu ada tindakan hukum,” tegas Marjon.

Diketahui, program tersebut berupa aplikasi android bernama SIAPTP4D yang dapat di download di Play Store. [Anto]