PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu menghimbau kepada masyarakat Kota Bengkulu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya di Drainase atau aliran sungai.

Diketahui, saat ini Dinas PUPR Kota Bengkulu Bidang Sumberdaya Air tengah melakukan pengerukan dan pembersihan irigasi Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu tepatnya samping Gedung Balai Kota Bengkulu.

Sebelumnya, Irigasi tersebut dihiasi oleh tumpukan sampah. Kemudian Dinas PUPR Kota Bengkulu langsung menerjukan alat untuk membersihkan Irigasi tersebut untuk memberikan rasa nyaman bagi warga setempat yang sebelumnya menghirup aroma bau busuk yang berasal dari tumpukan sampah di irigasi.

“Sekarang ini, irigasi itu lagi dalam proses pembersihan,” kata Benni Irawan.

Benni Irawan menghimbau dan berharap kepada masyarakat Kota Bengkulu agar tidak membuang sampah di ke aliran air karena selain menyumbat aliran air bisa menjadi pemicu utama terjadinya banjir. Pihaknya juga sudah beberapa kali melaksanakan rapat dengan pihak terkait lainnya untuk membahas persoalan tersebut.

“Kami sudah beberapa kali rapat membahas itu bersama pihak yang intens dalam bidang kebersihan, supaya kalau bisa itu nanti kita buatkan peraturan masalah sampah agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang disaluran air,” terang Benni Irawan.

Benni Irawan menambahkan, untuk persoalan sampah sebenarnya merupakan masalah bersama, baik Pemerintah Kota Bengkulu maupun masyarakat, dan pihaknya berharap kesadaran masing-masing dari masyarakat untuk bersinergi bersama menjaga kebersihan Kota Bengkulu.

“Kami berharap masyarakat sadar akan sampah ini dan tidak membuang disembarang tempat. Mari kita sama-sama menjaga kebersihan Kota Bengkulu untuk Kota Bengkulu yang lebih baik lagi kedepannya,” ungkap Benni Irawan. [Anto/Advetorial]