PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu beserta jajaran melaksanakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis tanaman ganja dan sabu sabu di depan Mapolres Kota Bengkulu, Rabu (9/10/2019).

Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs Supratman mengatakan, jumlah barang bukti narkotika yang dimusnahkan yaitu, 1227 gram ganja kering, 27 paket sabu sabu dan ganja basah 55 batang.

“Untuk 55 batang ganja yang berhasil diungkap kemaren itu ganja siap panen. Saya prihatin sekali masalah ganja ini kok bisa pikirannya halaman belakang ditanami ganja itukan luar biasa, di Kota lagi,” ucap Kapolda.

Kapolda menjelaskan, untuk penanaman ganja di Kota Bengkulu masih terus didalami dan dikembangkan. Sementara berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka menanam sendiri.

“Kalau dia menanam satu batang ganja di pot dengan tinggi satu meter bisa diindikasikan kalau dia (pelaku) menanam di tempat lain tingginya juga segitu,” kata Kapolda.

Kapolda membeberkan, dari semua barang bukti narkotika yang dimusnahkan tersebut ratusan orang terselamatkan. Kapolda juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak apatis dan masyarakat diharapkan selalu waspada di lingkungan sekitarnya. Jika ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak berwajib.

“Saya himbau kepada warga, kita jangan apatis, lingkungan kiri kanan kita lihat, kalau kelihatannya mencurigakan sampaikan kepada kami,” jelas Kapolda.

Pemusnahan barang bukti narkotika tersebut menggunakan alat khusus yakni mobil incinerators milik Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu. Pemusnahan juga disaksikan pihak BNN, jaksa dan Anggota Kepolisian.[Anto]