Sudah cek harga tiket penerbangan ke Bali. Ternyata, cukup menguras isi dompet. Supaya tetap hemat, ini beberapa tips untuk cari tiket pesawat murah.

Jadi orang Indonesia tampaknya belum lengkap tanpa mengunjungi Pulau Dewata, Bali. Bahkan para turis mancanegara juga berebutan untuk menikmati keindahan dan keunikan Bali.

Sayangnya, karena Bali menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Indonesia, harga tiket pesawat terbangnya cukup mahal. Bahkan, penginapannya pun juga lumayan membuat kamu berpikir dua kali untuk berlibur ke sana.

Tak cuma itu, obyek wisata yang ada di sana pun tiket masuknya tidak murah, lho. Untuk itu, kamu harus mengatur budget dengan tepat sebelum liburan ke Bali. Jangan sampai liburan ini justru membebankanmu.

Sebenarnya, salah satu budget yang dapat ditekan adalah tiket pesawat, lho. Tak percaya, berikut ini beberapa tips untuk mencari tiket pesawat murah ke Bali. Kamu wajib mengikutinya bila ingin liburan ke Pulau Dewata lebih irit.

Follow akun socmed OTA yang terpercaya
Semakin tingginya minat masyarakat untuk berlibur, membuat menjamurnya bisnis OTA (Online Traveling Agent). Tentunya, para OTA ini akan rutin menggelar promo, terutama bagi pengguna baru dan juga member-nya.

Cara yang paling baik untuk tetap update soal promo-promo tersebut adalah follow akun socmed dari OTA yang paling terpercaya. Pastinya, akun socmed tersebut memberikan informasi terkini soal aktivitas OTA tersebut.

Kalau bisa juga, kamu mendaftarkan diri untuk mendapatkan newsletter OTA tersebut. Siapa tahu ada promo khusus untuk kamu yang berlangganan. Setelah menerima info adanya promo, kamu bisa booking tiket pesawatmu di sini. Siapa tahu tujuan ke Denpasar, Bali ada yang murah.

Bandingkan maskapai satu dengan maskapai lainnya
Memang ada salah satu maskapai penerbangan yang menjadi favorit kamu. Itu sebabnya, kamu cenderung mencari jadwal penerbangan ke Bali pada maskapai tersebut, tanpa melihat yang lain.

Padahal, siapa tahu maskapai penerbangan lain harganya 50% lebih murah dari pilihanmu. Ada baiknya ketika mengecek penerbangan di OTA, kamu memilih search all untuk semua maskapai.

Kamu juga bisa mengecek harga tiket maskapai penerbangan internasional. Biasanya, tujuan Bali juga banyak ditawarkan maskapai penerbangan milik negara lain. Siapa tahu harganya lebih masuk akal.

Jadwal penerbangan untuk liburan sebaiknya lebih fleksibel
Ketika menentukan ingin liburan, sebaiknya kamu membuat jadwal yang fleksibel dengan rentan waktu seminggu. Pastinya, jadwal penerbangan dalam seminggu itu harganya berbeda-beda, lho.

Misalnya, beberapa harga tiket penerbangan harganya lebih mahal ketika hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin. Sedangkan pada hari lainnya, harga lebih murah. Bahkan, harga jam keberangkatan pagi dan malam saja bisa berbeda.

Kalau kamu waktunya lebih fleksibel, akan lebih mudah mencari tiket pesawat terbang yang lebih murah. Tentunya, ini akan lebih menghemat biaya.

Pilih penerbangan Low Cost Carrier (LCC)
Maskapai yang menggunakan konsep LCC umumnya punya harga tiket yang cenderug lebih murah. Namun perlu diingat, jenis penerbangan ini akan lebih murah jika kamu membeli tiketnya jauh-jauh hari.

Umumnya, sejumlah maskapai LCC sudah mengeluarkan jadwal penerbangan tiga bulan sebelum hari H. Kamu hanya tinggal mengecek harga dan waktu yang cocok untuk berlibur.

Kalau kamu memesan tiket pesawat LCC sehari atau seminggu sebelumnya, pastinya harganya juga akan meroket. Jadi, ada baiknya kamu sudah memesannya lebih dulu, jangan mendadak.

Beli tiket secara terpisah kalau liburan 1 rombongan
Menurut sejumlah traveler, posisi duduk ternyata menentukan harga tiket pesawat terbang, lho. Biasanya, tiket-tiket berharga murah tersebut untuk tempat duduk yang dekat dengan mesin pesawat.

Mengapa bisa lebih murah? Karena dekat dengan mesin pesawat, pastinya akan lebih bising dan terkadang tidak terlalu nyaman. Nah, tidak masalah bagi penerbangan ke Bali yang tidak terlalu lama.

Namun, kamu mesti ingat, posisi duduk ini juga jumlahnya terbatas. Jadi, kalau pergi rombongan, disarankan untuk membeli tiket sendiri-sendiri. Setidaknya, kamu akan lebih berhemat walau harus bising sedikit selama penerbangan.

Tips di atas lumayan mengurangi budget pengeluaran liburan ke Bali, kan. Ada baiknya sih, kamu merencanakan dengan matang terlebih dulu aktivitas dan budget liburannya. Ini supaya mempermudah kamu saat memesan tiket pesawat.

(Kireina Nabi)