PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Guna memaksimalkan akses dan kualitas pelayanan keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi kepada masyarakat, Rabu (9/10), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu teken nota kesepahaman (MoU) dengan Rumah Sakit Gading Medika Bengkulu.

Bertempat di aula Latbang Kantor BKKBN Bengkulu, nota kesepahaman yang ditandatangani merupakan bentuk komitmen bersama yang bertujuan untuk memaksimalkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan reproduksi di RS Gading Medika, memberikan kontribusi dan penurunan total fertility rate (TFR), meningkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program keluarga berencana Nasional, memberikan kontribusi bagi upaya penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB) dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta memanfaatkan segala sumber yang ada pada para pihak untuk pelayanan KB dan KIE.

Disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu, Busmar Edisyaf SP, MM, kerjasama ini diharapkan dapat memaksimalkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan reproduksi kepada masyarakat, melalui pelayanan KB di RS Gading Medika.

“Harapannya semoga pelaksanaan kerjasama ini dapat memberikan kontribusi penurunan TFR serta angka kematian ibu dan bayi lahir, melalui cakupan pelayanan KB di RS Gading Medika,” kata Busmar.

Busmar menjelaskan pula, pelaksanaan MoU tersebut, akan diatur lebih lanjut di dalam “plan of action” yang akan disusun dan ditetapkan bersama kedua pihak.

Dikesempatan yang sama, Direktur RS Gading Medika, dr Prionoto menyatakan bahwa sebagai tindak lanjut dari kesepakatan ini dalam waktu dekat pihaknya akan langsung menggelar pelayanan.

“Insyallah hari Jum’at ini kita akan gelar pelayanan MOW,” ucapnya. [Nurhas/ADV]