Polda Bengkulu ekspos ratusan pelaku tindak kejahatan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Maraknya tindakan kriminalitas di Bengkulu tentunya tidak luput dari kinerja aparat kepolisian yang terus gencar mengungkap dan menangkap para pelaku kejahatan yang kerap meresahkan warga. Dan kinerja Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu dan jajarannya pantut mendapat apresiasi dari masyarakat dalam mengungkap kejahatan.

Pasalnya, pada Operasi Musang Nala II tahun 2019 yang berlangsung dua Minggu, pihaknya berhasil mengungkap 85 kasus yang terdiri dari kasus Pencurian Dengan Pemberatan (Curat), Pencurian Dengan Kekerasan (Curas), Pencurian Sepeda Motor (Curanmor) dan berhasil mengamankan 108 orang tersangka.

Kapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Drs. Supratman saat konferensi pers di Mapolres Bengkulu, Rabu (9/10/2019) mengatakan, dari 108 tersangka kejahatan yang berhasil ditangkap pada Ops Nala II tahun 2019 tersebut pihaknya prihatin karena terdapat sebanyak 15 orang tersangka yang masih anak-anak.

Kapolda mengungkapkan, dari penangkapan para tersangka tersebut, barang bukti yang berhasil diamankan polisi yaitu, 1 unit mobil, 39 unit sepeda motor berbagai jenis, 51 unit barang elektronik dan uang tunai sebesar Rp. 738.000.

“Pengungkapan Oprasi Musang kemarin luar biasa, ini baru dua Minggu kan kita laksanakan. Mudah-mudahan hasil pengungkapan ini nanti kita kembangkan meskipun operasi sudah selesai,” kata Kapolda.

Kapolda menjelaskan, meningkatnya tindakan kriminalitas di sebabkan oleh berbagai faktor salah satunya juga disebabkan kelalaian masyarakat. Dan pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga barang masing-masing baik itu kendaraan maupun barang berharga lainya. Kapolda juga mengajak masyarakat sama-sama menjaga Kamtibmas dilingkungan masing-masing.

“Kita prihatin dengan tersangka anak-anak. Untuk hukumannya kita terapkan sesuai hukum biar nanti pihak jaksa yang melakukan penuntutan dan hakim yang mengetok palu. Kita menyiapkan dan menyampaikan berkas perkaranya,” jelas Kapolda. [Anto]