PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Inspektorat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Senin (8/10/2019) me-launching Klinik Kinerja Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Dijelaskan Inspektur Inspektorat Rejang Lebong Zulkarnain Harahap, Klinik Kinerja APIP itu sendiri bertujuan untuk merubah paradigma APIP yang selama ini berkomunikasi dalam hal pengawasan OPD terkesan dihindari.

“Selama ini proses pendampingan dan pengawasan yang dilakukan Inspektorat di sejumlah OPD masih menimbulkan kesan negatif, makanya kita menyediakan layanan khusus Klinik Kinerja APIP. Konotasinya dipanggil lah karena pemeriksaan lah dan sebagainya, untuk itu kita saat ini sediakan Klinik Kinerja APIP,” kata Zulkarnain.

Ditambahkannya, Klinik Kinerja APIP disedikan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu yang ingin berkonsultasi atau membutuhkan pendampingan di bidang pengawasan kinerja dan kegiatan pemerintahan.

“Kita menyediakan tempat, kita menyediakan waktu dan space, jadi bagi kawan-kawan OPD yang ingin berkonsultasi kita sediakan,” imbuhnya.

Dengan adanya layanan Klinik Kinerja APIP tersebut, ia berharap pihak OPD tidak ragu lagi dan takut untuk berkonsultasi terkait permasalahan yang dihadapi, sehingga diharapkan dengan begitu dapat meminimalisir timbulnya permasalahan hukum.

Dalam kegiatan launching Klinik Kinerja APIP dan Workshop peningkatan kompetensi tenaga pemeriksa APIP Rejang Lebong dalam mendukung Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP level 3 tersebut, turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Gumbira Budi Purnama beserta jajaran, perwakilan Kantor Pajak Pratama Curup dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. [Julkifli Sembiring]