PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Peringati Hari Pangan Sedunia (HPN) ke XXXIX tingkat Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah menghadiri sekaligus mengkampanyekan Pemanfaatan Pekarangan dan Konsumsi Olahan Pangan Lokal kepada masyarakat, Senin (21/10).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DTP) Provinsi Bengkulu serta diresmikan dengan ditandai penabuhan alat musik tradisional Dol dan juga pelepasan balon ke udara.

Dalam Sambutan Gubernur Bengkulu yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur Dedy Ermansyah, mengatakan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan adalah langkah strategi yang tepat untuk memenuhi ketersediaan pangan menuju kemandirian pangan sampai ketingkat rumah tangga, yang pada akhirnya nanti akan menuju swasembada pangan.

“Langkah strategi ini harus kita lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh mengingat kebutuhan pangan kita semakin lama semakin meningkat dan sulit didapat,” kata Dedy.

Pemanfaatan pekarangan dapat mengoptimalkan fungsi pekarangan rumah, sebagai sumber pangan keluarga dan mendorong konsumsi pangan rumah tangga ke arah pola konsumsi beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Di wilayah Provinsi Bengkulu sudah ada percontohan untuk pemanfaatan pekarangan yakni kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) serta pemanfaatan pekarangan terpadu,” lanjut Dedy.

Wagub juga menyampaikan harapan dari kegiatan ini akan mengembangkan kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial, dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

Dalam kegiatan tersebut tampak Wakil Gubernur Dedy Ermansyah memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Kelompok Wanita Tani penerima manfaat kegiatan KRPL Kabupaten Bengkulu Tengah.[Mario]