Pedomanbengkulu.com Rejang Lebong – Tahun 2019 ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong mulai membuka lowongan 45 orang calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pilkada serentak 2020. Masing masing kecamatan akan diisi oleh 3 orang Panswascam.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso didampingi Komisioner Bawaslu, Novry Iranas dan Yuli Maria mengatakan, tahapan perkrutan calon Panwascam di daerah itu mulai dilakukan.

“Sosialisai untuk perekrutan calon panwascam ini mulai dilaksanakan,” kata Dodi.

Ditambahkan Dodi setelah proses sosialisai, tahapan selanjutnya yakni pengumuman pendaftaran yang dibuka sejak 13 hingga 26 November 2019, baru kemudian proses pendaftaran dan penerimaan berkas calon pendaftar dilakukan pada 27 November hingga 3 Desember 2019.

“Penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi akan kami lakukan pada tanggal 5 Desember 2019,” kata Dodi.

Dalam proses perekrutan calon Panwascam tersebut, pihaknya melakukan perpanjangan waktu pendaftaran, dimana waktu penerimaan berkas waktu perpanjangan pendafataran dibuka pada 6 hingga 10 Desember, kemudian penelitian administrasi berkas pendafataran masa perpanjangan pendfaftaran dilakukan pada 6 hingga 11 Desember 2019.

Untuk pengumuman hasil penelitian administrasi sendiri dilakukan pada 12 Desember 2019.
Tahapan selanjutnya, berupa tanggapan dan masukan dari masyarakat digelar pada 12 hingga 15 desember, kemudian tes tertulis dan tes wawancara dilakukan pada 13 hingga 17 Desember 2019, dan pengumunan hasil tes dilakukan pada 18 Desember 2019.

“Usai pengumunan hasil tes wawancara, terakhir yakni proses pelantikan Panwascam yang akan digelar pada 20-21 Desember 2019,” jelasnya.

Panwascam itu nantinya kata Dodi akan menandatangai kontrak kerja selama 12 bulan sejak dilantik menjadi anggota, dimana pada Pilkada kali ini honorarium Panwascam mengalami kenaikan dibanding Pilkada sebelumnya. Untuk Ketua Panwascam bakal menerima honorium sebesar Rp. 2,2 juta yang sebelumnya hanya Rp. 18,5 juta, sedangkan untuk honorarium anggota sebesar Rp. 1,9 juta dari sebelumnya Rp. 1,6 juta.

“Bawaslu memanggil pemudi pemudi khususnya diwilayah Rejang Lebong untuk terlibat langsung sebagai pengawas di tingkat kecamatan, bagi yang memenuhi kualifikasi silahkan mendaftar,” demikian Dodi.[Julkifli Sembiring]