PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Apel salah satu buah yang selama ini selalu didatangkan dari luar daerah. Namun, ternyata salah satu daerah di Rejang Lebong yakni Desa Bengko kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong ternyata cocok ditanami Apel Malang. Apel malang yang sempat ditanam 4 orang petani warga sekitar berbuah lebat.

Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Ahmad Syafriansyah, Senin (25/11/2019) menjelaskan, salah seorang warga desa tersebut yakni Sumanto petani warga desa Bengko kecamatan Sindang Dataran mencoba menanam Apel dilahan miliknya dengan mendatangkan bibit dari malang dan hasilnya cukup memuaskan.

“Selam ini belum pernah ada yang mebudidayakan apel di wilayah curup ini, nah dari pengembangan yang dilakukan petani kita didaerah Bangko, ternyata buahnya lebat dan bagus. Umur apel yang sudah berbuah dilahan areal seluas 1 hektar lebih tersebut berumur 1 tahun 8 bulan,” kata Ahmad.

Ditambahkan Ahmad, Apel yang ditanam, yakni jenis Manalagi,Mana apel hijan dan apel merah. Salah satu petani yang mengembangkan Apel tersebut dengan luas lahan seperempat hektar ditanam 100 batang apel.

“Buahnya cukup lebat, dari hasil kunjungan kita ke lokasi, 1 batang buannya rata rata 100-120 buah. Potensi pengembangan apel ini kita lihat cukup menjanjikan,” kata Ahmad.

Meski memiliki potensi yang menjanjikan, Ahmad menyampaikan, petani masih mengalami kendala untuk menambah luasan lahan karena kesulitan mencari bibit. Saat ini bibit yang dibeli oleh kalangan petani yang sudah menanam harganya mencapai Rp100 ribu untuk stek dengan ukuran sekitar 1,5 meter hingga sampai ke desa Bengko.

“Kita sudah mengajak orang BPTP Bengkulu dan orang Dirjen Hotikultura, melihat potensi apel disana yang dinilai cocok ditanam. Harapan kita agar BPTP dan peneliti dari Dirjen Hortikultura dapat membantu pengembangan apel diwilayah Rejang Lebong ini, sehingga selain Kopi, Rejang Lebong nantinya bisa memproduksi buah Apel,” Pungkas Ahmad. [Julkifli Sembiring]