Pedomanbengkulu.com, Seluma – Bunga yang menjadi lambang provinsi Bengkulu, Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Desa Simpang Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma. Satu bunga Raflesia berwarna merah mekar dalam kondisi belum sempurna, diketahui warga sejak Kamis (31/10/2019) kemarin.

Lokasi bunga berada ditempat yang sama dengan bunga yang tumbuh pertengahan oktober kemarin, yakni di lembah bukit hitam, yang berada di kawasan lahan HGU salah satu perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit.

Dijelaskan Aldi Jaya, Kepala Desa Simpang, bunga tersebut tumbuh dari tunas di sekitar bunga pertama.

“Ya itu dari bongkol (tunas) yang belum mekar dulu,” jelas Aldi Jaya, Jum’at (1/11/2019).

Ditambahkan Aldi Jaya disekitar bunga sudah dipasang pagar, agar tidak dirusak ataupun dimakan hewan liar.

“Sudah dipasang menggunakan pagar yang kemarin, karena lokasinya tidak jauh dari bunga kemarin,” jelas Aldi Jaya.

Adapun sebelumnya bunga pertama kali ditemukan oleh tukang kayu, yang sedang bekerja di kawasan bukit hitam. Selain bunga, juga terdapat tujuh tunas bunga rafflesia lainnya.

Untuk melihat langsung bunga rafflesia, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Tais-Seluma ke desa Simpang melalui akses jalan berbatu dan tanah. Kemudian dari desa kurang lebih 30 menit, melalui jalan tanah dan mendaki.

Meski jauh dan harus menyeberang, banyak wisatawan dan pecinta puspa langka yang mau menuju Desa, dengan menyeberang sungai tanpa jembatan. [IT2006]