PedomanBengkulu.com, Lebong – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebong membuka Posko Pengaduan, bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengalami kendala terkait administrasi kependudukan (Adminduk) saat melakukan pendaftaran CPNS. Pembukaan posko ini, sebagai antisipasi jika dalam Adminduk pelamar CPNS ada perubahan data, seperti pindah alamat, status perkawinan dan pecah Kartu Keluarga (KK). Bisa jadi akan berdampak pada Nomor induk Kependudukan (NIK) yang belum di-upgrade.

“Kepada masyarakat yang NIK dan nomor KK yang bermasalah atau saat mendaftar tidak bisa diterima sistem seleksi CPNS. Bisa datang ke Disdukcapil atau bisa hubungi layanan pengaduan Disdukcapil Lebong ke nomor 085268012226 atau Medsos Dukcapil Lebong,” sampai Kepala Disdukcapil Lebong Elva Mardiana SIP MSi kepada PedomanBengkulu.com Kamis siang (14/11/19).

Dikatakan Elva, Posko tersebut dibuka untuk membantu para calon pelamar CPNS jika menemui kendala dalam proses melamar CPNS terkait dengan dokumen kependudukan terutama NIK. Apalagi dokumen Adminduk seperti NIK dan KK bagi para calon pelamar, salah satu dokumen yang krusial dalamĀ seleksi penerimaan CPNS.

“Sebenarnya update otomatis di server kami tetap berjalan dan setiap Pukul 01.00 WIB setiap ada perubahan data, seperti pindah alamat, status perkawinan di update ke pusat. Tapi terkadang masalah gangguan jaringan sering membuat data tidak ter- update sempurna,” beber Elva.

Dikarenakan NIK atau KK, lanjut Elva, merupakan dokumen penting mendaftar online di portal BKN RI, maka pihaknya siap melayani setiap pelamar CPNS yang menemui kendala pendaftaran tersebut.

“Selain masalah NIK dan KK, kami juga melayani masyarakat yang ingin legalisir Adminduk yang juga syarat mendaftar CPNS,” demikian Elva.[Supriyadi]