Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Kandidat Calon Bupati Rejang Lebong M Fikri Thobari telah melakukan pendaftaran di 10 partai yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong yang bisa mengusung calon untuk pilkada tahun 2020. Partai terakhir yang didatangi Fikri untuk mendaftar yakni Partai Kebangkitan Bangsa yang baru membuka Proses penjaringan mulai tanggal 27 November yang lalu.

“Sudah seluruh partai yang membuka penjaringan kita datangi untuk mendaftar dan hari ini PKB merupakan partai terakhir yang bisa mengusung calon untuk pilkada rejang Lebong,” ujar Fikri, Jumat (29/11).

Ditambahkan Fikri, ia mendaftar ke seluruh partai politik yang bisa mengusung calon merupakan bukti keseriusannya untuk maju dalam kontestasi pilkada Rejang Lebong di tahun 2020.

“Untuk maju sebagai calon tentunya harus ada perahu. Makanya kita mendaftar ke partai, seluruhnya kita daftarkan karena harapan kita partai partai ini dapat mengusung kita, dan kita tidak mebeda bedakan partai politik ini,” kata ketua DPD PAN Rejang Lebong.

Disisi lain, Fikri menilai, persaingan untuk pilkada Rejang Lebong tahun 2020 cukup berat hal ini terlihat dari nama-nama kandidat yang mendaftar di partai politik. Hingga sekarang nama nama besar yang muncul sebagai kandidat calon bupati yakni Samsul Effendi, Susilawati Suherman, Abu Bakar, Fatrolazi, Robiansah Yulian Effendi, Putrado, sedangkan yang telah menyatakan maju sebagai wakil bupati yakni, Hendra Wahyudiansyah, Fauzi, Untung Basuki, Herman Tohir, Ruswan YS, Suhardi, Zulkarnain Taib, Heri Aprianto, Tugiman.

“Kandidat yang bakal maju dalam pilkada Rejang Lebong rata-rata sudah mumpuni, bisa dikatakan persaingan bakal berat. Siapa yang tidak kenal Ibu Susilawati, pak Samsul Effendi, Abu bakar dan Fatrolazi. Mereka meraka ini sudah cukup lama berkecimpung di dunia birokrasi maupun politik. Saya sendiri merupakan pendatang baru di kancah politik Rejang Lebong, saya banyak belajar dari tokoh tokoh ini,” ujar Fikri.

Terpisah Ketua DPC PKB Rejang Lebong, Sanusi Pane, mengungkapkan sejak dibuka proses penjaringan di PKB mulai tanggal 27/11, sudah ada 3 kandidat yang mengambil formulir yakni Fatrolazi, Abu Bakar dan Fikri.

“Dari 3 kandidat yang telah mengambil formulir ini, baru saudara Fikri yang telah selesai proses pendaftaran secara online pada hari Jumat (29/11). Selain kandidat yang telah datang ke kantor ini, masih ada 4 kandidat lain yang telah menghubungi kita dan menyatakan akan mendaftar, kita masih menunggu kandidat kandidat ini hingga tanggal 3 Desember 2019 batas akhir pendaftaran,” pungkas Sanusi. [Julkifli Sembiring]