Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Dalam rangka memperingati Hari Pohon Dunia dan Hari Menanam Pohon, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Koordinator Wilayah Rejang Lebong-Lebong mengadakan aksi tanam pohon sepadan DAS Musi Desa Lubuk Kembang, Kecamatan Curup Utara.

Kegiatan dilaksanakan, Kamis (21/11/2019) dan dilakukan secara swadaya.

Diungkapkan Tedi Riski Ketua FK3I Korwil Rejang Lebong, peserta yang berpartisipasi dan ikut berkontribusi dalam kegiatan ini, yakni BPBD Kabupaten Rejang Lebong, PMI, Destana Lubuk Kembang, Pemerintah Desa Lubuk Kembang, BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I, BBTNKS PTN Wil III BENGKULU-SUMSEL, karang taruna Desa Lubuk Kembang, dan masyarakat Rejang Lebong, Kelompok Pecinta Alam, Siswa Pecinta Alam (SAPATA, SJHC dan Gempar).

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB hingga selesai. Dengan jumlah peserta mencapai kurang lebih 100 orang.

“Penanaman kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap DAS Musi yang pada April 2019 lalu, saat banjir besar melanda Bengkulu. Wilayah DAS Musi mengalami kerusakan yang paling parah karena meluapnya DAS Musi. Penanaman di sepadan Musi dilakukan sebagai upaya merehabilitasi kawasan Das Musi,” kata Tedi.

Ditambahkan Tedi jenis bibit yang di tanam di DAS Musi ini yakni, jenis kayu-kayuan seperti berupa Gaharu, Mahoni, Bawang, Jabai, duren. Sebanyak kurang lebih 300 bibit yang ditanam kurang lebih sekitar 1 kilometer sepadan Das Musi desa Lubuk Kembang.

“Harapan kita kegiatan ini bisa terus berlanjut bahkan diikuti oleh organisai ataupun warga. Kita juga berharap warga yang ada disekitar DAS Musi ini bisa memantau pertumbuhan Pohon yang kita tanam,” singkat Tedi. [Julkifli Sembiring]