PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Upacara memperingati Hari Pahlawan yang dilaksanakan Kodim 0409/ Rejang Lebong yang dipimpin langsung Dandim, Letkol Inf Sigit Purwoko di lapangan makodim diisi dengan pemberian penghargaan terhadap anggota yang berhasil menggagalkan aksi perampokan aksi perampokan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau pada Sabtu (9/11) kemarin. Personil Kodim 0409/Rejang Lebong yang berhasil menggagalkan aksi perampokan tersebut adalah Kopral Satu Sudardi Babinsa Koramil 409-03/Padang Ulak Tanding.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada Koptu Sudardi yang dengan beraninya menggagalkan aksi perampokan Sabtu kemarin. Dengan adanya penghargaan ini, saya berharap apa yang dilakukan Koptu Sudardi tersebut bisa menjadi teladan dan inspirasi bagi anggota Kodim 0409/Rejang Lebong dalam membantu masyarakat yang terkena musibah seperti aksi perampokan,” kata Dandim.

Dandim juga dalam memperingati Hari Pahlawan ini berharap personil kodim 0409 dan warga Rejang Lebong dapat meningkatkan kesadaran
mencintai tanah air dan menjaganya sampai ahir hayat.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan persatuan bangsa serta jangan biarkan negeri ini terkoyak saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” ujar Dandim.

Dandim juga mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata yaitu dengan bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju. Ia juga mengajak masyarakat menjadi pahlawan masa kini, dengan menjadi pahlawan masa kini maka menurutnya permasalahan yang terjadi di negeri ini akan bisa teratasi.

“Hari ini bukan hanya menjadi kegiatan serimonial, kita wajib mengisinya dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Untuk menjadi pahlawan masa ini, kita terus menerus memupuk nilai kepahlawanan agar semangat pahlawan bisa tumbuh subur di setiap insan,” pesan Dandim.

Upacara peringatan Hari Pahlawan di Makodim 0409/Rejang Lebong kemarin juga dihadiri oleh Danyonif 144/JY Letkol Inf Andri Hadiyanto, Dandenbekang II-44-01 Curup Mayor Cba Ambo Upe SE MM, Danden PAL Letkol Cpl Bambang Tri Buana, Kaminvet Mayor Darwantodan Wadanden Zibang.
Selain menggelar upacara, dalam memperingati Hari Pahlawan Jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong juga melakukan kegiatan bersih-bersih Taman Makam Pahlawan. Serta dihari yang sama Kodim 0409/Rejang Lebong juga melaksanakan upacara Pembukaan Sakawira dalam rangak kegiatan Binter terpadu yang dilaksanakan di Lapangan Koramil 05/Curup dengan pembina upacara, Kasdim 0409/Rejang Lebong Mayor Arh Zaini.[Julkifli Sembiring]