Pedomanbengkulu.com, Seluma – Sekolah Dasar (SD) tertua di Kabupaten Seluma, SDN 1 di desa Air Periukan Kecamatan Air Periukan saat ini mengalami kerusakan. SD yang sudah berdiri sejak tahun 1912 ini mengalami kerusakan khususnya dibagian atap dan plafon.

Dari pantauan di sekolah, terlihat plafon ruang kelas, dan perpustakaan mengalami jebol. Selain itu atap di sisi ruang kepala sekolah juga mengalami kerusakan parah.

“Gedung ini memprihatinkan karena rata rata bangunan lama, rehab paling paling rehab sedang, itu yang satu 2009. Atapnya sudah ada yang bocor, gedung sudah rusak ringan, plafon plafon tripleknya sudah mulai rapuh,” jelas Kepala SDN 1 Seluma, Hambali, Selasa (19/11/2019).

Dijelaskan Hambali, belum ada perbaikan dilakukan Pemkab Seluma, sehingga dikawatirkan kerusakan semakin parah. Perbaikan diharapkan dapat segera dilakukan, sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat optimal.

“Kami usaha sekolah tiap tahun mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan Seluma, tetapi tahun ini belum ada realisasinya. Kemarin ada diprogramkan rehab melalui PUPR Provinsi Bengkulu, pas survei pertama masih masuk, survei kedua masuk, pas finalnya SDN 1 tidak dapat lagi,” jelas Hambali.

Adapun di SD Negeri 1 Seluma terdapat 194 murid, dengan jumlah guru PNS sebanyak 9 orang, dan 3 orang honorer. [IT2006]