PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Keberagaman agama, suku, etnis dan budaya di Provinsi Bengkulu menjadi semangat untuk menjalin persatuan, menjadikan Bengkulu terus aman, maju dan sejahtera.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, keberadaan masyarakat Jawa di Bengkulu jelas sangat diterima oleh pemerintah daerah dan masyarakatnya. Hal ini terbukti dengan dipercayakannya 3 orang tokoh Jawa Bengkulu sebagai Bupati dan Wakil Bupati serta tokoh Jawa lainnya juga banyak berkecimpung aktif, baik di unsur legislatif maupun eksekutif.

“Terasa betul sambutannya ini dan saya ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Bengkulu dan Walikota Bengkulu. Bukan cerita suku apa yang sedang bertemu tapi ini merupakan pertemuan antar anak bangsa dalam bingkai NKRI,” ungkap Gubernur Ganjar Pranowo saat menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Bersama Gubernur Jawa Tengah, di Rumah Budaya Bumi Ayu, Jl. Bumi Ayu 2 (Kediaman Bapak Soejito), Sabtu (23/11) malam.

Mengenakan blangkon lengkap dengan pakaiannya, Gubernur Rohidin disambut hangat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta keluarga besar Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB).

“Tentu kita merasa terhormat dan bangga sekali mendapatkan kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sehingga hadir di tengah-tengah masyarakat Jawa Bengkulu. Ini merupakan bentuk silaturahmi dan saling menguatkan antar anak bangsa. Di Bengkulu masyarakat Jawa diterima sangat baik dan hidup harmonis bersama etnis lainnya, bahkan yang jadi bupati saja 2 orang dan wakil bupati 1 orang,” kata Gubernur Rohidin.

Sebagai rasa penghormatan, Gubernur Rohidin memberikan buah tangan berupa “Red Rafflesia” yang merupakan batu akik khas Bengkulu. Sementara itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan seperangkat wayang dan gamelan bantuan Gubernur Jawa Tengah.

Pada Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Bersama Gubernur Jawa Tengah dan PMJB ini, ada 2 pagelaran Wayang yang ditampilkan yaitu seperangkat wayang dan gamelan dari 2 Gubernur, yaitu dari Gubernur Bengkulu dan Gubernur Jawa Tengah.[Mario/rilis]