PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020. Proses pendaftaran dan penerimaan berkas digelar selama sepekan, yakni mulai tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019.

“Terkait kebutuhan panwascam ini, kami berusaha mencari SDM yang unggul,” ujar Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rayendra Pirasad, SHI kepada PedomanBengkulu.com, Jum’at (15/11).

Dirinya menyebutkan untuk syarat-syarat yang wajib dipenuhi bagi calon Panwascam, pendaftar bisa mengunjungi website maupun akun media sosial milik Bawaslu Kota Bengkulu.

Lebih lanjut disampaikannya, proses perekrutan Panwascam Kota Bengkulu pada Pilkada 2020 ini memang terbilang panjang. Setelah proses pendaftaran, panitia akan melakukan pemberkasan persyaratan dari pelamar. Sementara, tahap pengumuman administrasi akan digelar pada 12 Desember mendatang.

“Untuk tes tertulis akan digelar 13-17 Desember 2019. Tes tertulis akan menggunakan sistem test socrative yang hasilnya bisa langsung diketahui, sekaligus dilaksanakan tes wawancara,” imbuhnya.

Sementara itu, tahap terakhir yang meliputi pengumuman hasil tes dan wawancara akan dilaksanakan pada 18 Desember. Sedangkan pelantikan Panwascam akan digelar pada 22-23 Desember mendatang.

“Nantinya peserta yang dinyatakan lolos tugasnya tidak mesti harus di kecamatan domisili, namun untuk memudahkan akan kita pilah klasifikasi tujuan kecamatan lamaran,” pungkasnya. [Nurhas]